batampos.co.idBrand fashion multinasional H&M resmi membuka toko ke-36 di Indonesia di Grand Batam Mall (GBM), Jumat (18/10/2019).

Pembukaan brand fashion asal Swedia ini mendapat sambutan antusias warga Batam. Bahkan mereka rela bermalam di mal sejak Kamis (17/102019) malam untuk mendapat nomor antrean lebih awal.

“Sudah tahu program GO (grand opening) H&M di media sosial. Jadi, sengaja datang ke GBM dari Kamis (17/10) sore untuk mengintai antrean pertamanya,” kata Agung, yang antre bersama istri, dua keponakan, dan dua temannya, kemarin.

Kegigihan Agung dan rekan-rekannya membuahkan hasil. Saat nomor antrean dibuka pada Kamis (17/10/2019) sekitar pukul 21.00 WIB, ia dan istrinya mendapat nomor antrean pertama dan kedua.

Sedangkan dua teman dan dua keponakannya mendapat antrean keenam sampai sembilan.

“Karena mereka sempat meninggalkan lokasi antrean, sehingga dipotong oleh peng-unjung lain,” terang pria 27 tahun itu.

Sekitar pukul 22.00 WIB, jumlah antrean kian panjang. Hingga pada pukul 01.00 WIB dini hari, Jumat (18/10/2019), jumlah antrean mencapai 200-an orang.

Ratusan warga rela bermalam di mal demi mendapatkan nomor antrean untuk grand opening H&M di Grand Batam Mall, Batam, Jumat (18/10). Toko H&M di Grand Batam Mall merupakan yang ke-36 di Indonesia. Foto: Febby Anggieta Pratiwi/batampos.co.idBatam

Mereka memadati lobi 2 GBM yang berada di sayap kiri mal. Dinginnya angin tak menghalangi para pengantre untuk tetap duduk di sana menunggu hingga Jumat (18/10/2019) pagi, saat H&M grand opening.

Para pengantre itu memang sudah mempersiapkan diri untuk antre di sana. Selain membawa bekal makanan, mereka juga menyiapkan perangkat elektronik, seperti power bank, agar ponsel mereka tetap menyala.

Bahkan ada yang sampai membawa tiga power bank.

“Ponsel kan lebih dari satu, paling tidak satu ponsel satu power bank,” ucap istri Agung, Ayu.

Bagi yang tidak membawa bekal makanan, mereka mengandalkan layanan pesan antar makanan pada aplikasi online.

Sebab jika sampai meninggalkan lokasi antre, bisa jadi nomornya berubah karena digeser orang lain.

“Paling cuma bisa ditinggal untuk ke toilet atau ambil makanan. Karena memang pada berebut untuk bisa antre di awal ini,” sambung pasutri yang tinggal di Mediterania, Batam Center tersebut.

Usut punya usut, pihak H&M ternyata punya program dalam rangka pembukaan toko yang ke-36 di Indonesia ini.

Yakni penyediaan voucher belanja dengan nilai cukup fantastis. Voucher itu terbatas hanya untuk 400 pembeli pertama.

Untuk pembeli nomor antrean pertama sampai ke-36 mendapatkan voucher diskon belanja 100 persen senilai Rp 1 juta, pembeli ke-37 sampai dengan 250 mendapatkan voucher diskon belanja 50 persen senilai Rp 700 ribu.

Kemudian pembeli ke 251 sampai 400 mendapatkan voucher diskon belanja sebesar 30 persen dengan pembelian sampai Rp 400 ribu.

Belum lagi penawaran spesial lainnya yang disiapkan untuk pelanggan. Namun di balik keuntungan voucher belanja, kualitas H&M yang ternama hingga mendunia tersebut termasuk dalam pertimbangan para pengantre sampai rela bermalam di mal untuk menunggu grand opening.

“Kualitas produknya sudah terjamin karena sudah buktikan sendiri. Awet dipakai bertahun-tahun dan masih nyaman, serta tetap fashionable,” ungkap pengantre lainnya, Dian.

Belum lagi setiap pembukaan toko baru, H&M akan menggelontorkan seluruh koleksinya dari yang paling laris sampai yang terbaru, lengkap untuk koleksi aksesoris, wanita, pria, dan anak-anak.

Communication Manager H&M Indonesia, Karina Soegarda, menjelaskan, H&M (Hennes & Mauritz AB) yang berdiri sejak 1947 dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi busana dengan menawarkan model fashion terkini dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, yang dibuat dengan bahan yang berkelanjutan.

Fashion and quality at the best price in a sustainable way. Sehingga produk-produk kami mengedepankan mode dan bahan ramah lingkungan, namun tetap terjangkau untuk semua kalangan,” terang Karina.

Ia menyebutkan, pembukaan H&M di Grand Batam Mall diwarnai dengan koleksi H&M Fall Conscious, koleksi yang terbuat dari bahan daur ulang yang memiliki dampak kurang negatif terhadap lingkungan.

“Koleksi ini terus menyoroti komitmen kami (H&M) untuk hanya menggunakan bahan bersumber secara berkelanjutan pada tahun 2030,” ucapnya.

Di samping pengunjung yang tidak mendapatkan voucher belanja, pihaknya tetap menyediakan penawaran khusus dengan potongan harga yang bisa dibeli di luar voucher.

Untuk pembelian Rp 500 ribu (berlaku kelipatan) di luar pembelian memakai voucher, dapat memainkan spin H&M wheel of fashion untuk mendapatkan kesempatan diskon lainnya.

“Penawaran khusus ini hanya tersedia dari mulai hari pembukaan hingga 21 Oktober ke depan,” tutur Karina.

Sementara untuk harga, tersedia mulai Rp 49 ribu hingga jutaan rupiah dengan pilihan ukuran mulai XS hinggal XL.

“Harapan kami, keberadaan H&M semakin menambah warna tren mode warga Batam melalui produk-produk terbaik H&M. Kami mengaku bangga melihat antusias masyarakat Batam yang memberikan respons terhadap hadirnya H&M di sini,” ungkapnya.

Secara resmi, H&M Batam dibuka CFO H&M Indonesia, Michael Mok; Area Manager H&M Indonesia, Aditya Gaur; President Direktur Grand Batam Mall, Dolly; dan beberapa tamu undangan lainnya pada pukul 10.00 WIB, kemarin.

Grand opening tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan menyambut para pecinta H&M yang antusias untuk masuk ke dalam toko.(nji)