batampos.co.id – Polda Kepri beserta jajarannya akan menggelar razia besar selama dua minggu kedepan, mulai Rabu (23/10/2019) hingga Selasa (5/11/2019)mendatang.

Dirlantas Polda Kepri, Kombes Roy Ardhya Chandra, mengatakan, razia kali ini diberinama “Operasi Zebra Seligi 2019” dan digelar serentak seluruh Indonesia dengan 8 sasaran.

“Tujuan razia ini untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan,” kata dia, Senin (21/10/2019).

Karena itu, lanjutnya, dalam operasi kali ini pihaknya menekankan 8 poin yang menjadi sasaran dari operasi.

Anggota Satlantas Polresta Barelang Bripda Dinda dan Brigadir Tamsir memeriksa surat-surat dan pajak kendaran saat razia di depan Edukits Batam Center, Senin (2/9/2019) lalu. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Diantaranya, menggunakan helm ber-SNI, dilarang bermain handphone saat berkendara, melawan arus, tak cukup umur, kecepatan melebihi kapasitas, penumpang melebihi kapasitas, menggunakan narkoba hingga kelengkapan administrasi.

“Poin prioritas adalah kelengkapan administrasi, razia ini kami mengandeng Pemrov juga,” ujar Roy.

Menurut dia, tujuan operasi yang akan digelar ini memang tak jauh beda dengan operasi sebelumnya. Bedanya hanya dalam satu poin, yakni kelengkapan administrasi.

“Ya, kami melihat masih banyak pengendara yang tidak tertib. Karena itu operasi akan terus digelar, hingga masyarakat benar-benar sadar akan tertib berlalu lintas,” tutur Roy.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar dan maksimal, hingga kedepannya, masyarakat bisa sadar akan keselamatan,” ujar Roy lagi.(she)