Kamis, 25 April 2024

662 Nelayan di Kota Batam Diasuransikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemko Batam terus berupaya meningkatkan alokasi anggaran untuk Dinas Kelautan dan Perikanan.

Selain itu Dinas Perikanan mengusulkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mendapat dukungan program kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat nelayan.

“Tahun 2020 kita mendapat alokasi anggaran DAK dan bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi, kemarin.

Adapun bantuan tersebut berupa program asuransi nelayan sebanyak 662 calon peserta nelayan dari Kota Batam, Sertifikasi hak atas tanah (sehat) untuk nelayan batam sebanyak 300 persil, bantuan mobil berpendingin sebanyak satu unit, setta pabrik es mini sebanyak dua unit yang diperuntukan bagi Kelompok Pengolah Pemasar Hasil Perikanan.

“Selain itu ada juga alokasi bantuan benih ikan bawal, ikan bawal bintang dan kakap sebanyak 170.000 ekor yang diperuntukkan bagi Kelompok Pembudidaya Ikan,” kata Rudi.

Ilustrasi Kartu Asuransi Nelayan. Foto: Jawa Pos

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husnaini mengatakan total DAK bidang perikanan yang akan diterima Batam tahun depan yakni Rp 915.900.000.

Sedangkan di 2019, nilainya hanya Rp 491.062.000. Angka ini naik hampir dua kali lipat dibanding tahun ini.

“Ya, hampir dua kali lipat nilainya. Bentuk bantuannya sama, sarana alat tangkap dan alat bantu,” kata Husnaini yang dikutip dari Media Center.

Adapun bantuan yang akan diterima nelayan Batam dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun depan adalah kapal dan alat tangkap.

Rinciannya yaitu empat unit kapal 3GT. Masing-masing satu untuk Belakang padang, Bulang, Galang, dan Sekupang.

“Kapal 4GT satu unit untuk nelayan di Kecamatan Belakangpadang,” tuturnya.

Selanjutnya, 45 unit alat tangkap ramah lingkungan. Dibagikan ke Kecamatan Sekupang 5 unit, Belakangpadang 5 unit, Bulang 10 unit, Galang 10 unit, Sagulung 10 unit, dan Bengkong 5 unit.

“Juga ada alat bantu berupa GPS untuk Sekupang 4 unit dan Bulang 10 unit,” ucapnya.(rng)

Update