Kamis, 25 April 2024

FIFA Tetapkan Indonesia sebagai Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 pada 2021

Berita Terkait

batampos.co.id – Impian Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepak Bola FIFA akhirnya terwujud. Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Kepastian ini diinformasikan induk sepak bola Indonesia, PSSI dalam laman resminya.

“Segala puji kepada Tuhan dengan segala kuasa-Nya. Berkat doa dan usaha kita semua, Indonesia resmi terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021!” tulis PSSI di akun media sosialnya.

Sebelumnya, Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021, September lalu. Indonesia bersaing dengan negara-negara sepak bola lainnya. Meliputi Brasil, Peru, Bahrain, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab.

Hebatnya, Indonesia terpilih setelah mengungguli dua pesaing beratnya yaitu Brasil dan Peru. Padahal dalam sejarah sepak bola, kedua negara Amerika Latin tersebut jauh lebih senior.

Pengumuman ini sendiri dilakukan dalam rapat Dewan FIFA yang digelar di Shanghai, Tiongkok, Kamis (24/10/2019) siang WIB. Pengumuman tersebut disampaikan langsung Presiden FIFA, Gianni Infantino.

“Selamat untuk Indonesia,” kata orang nomor satu di federasi sepak bola dunia tersebut.

Pihak PSSI lantas menyambut baik atas penetapan ini.

“Alhamdulillah kerja keras kita membuahkan hasil. Presentasi kita dinilai dan diterima baik oleh FIFA,” kata Ratu Tisha Destria selaku Sekjen PSSI dalam keterangan resminya.

Atas keberhasilan ini, lanjut Tisha, PSSI mengucapkan banyak terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo. Lantaran dianggap memberikan dukungan penuh kepada PSSI. Apresiasi juga untuk jajaran kementerian terkait dan kepala daerah yang berkomitmen untuk membantu PSSI mewujudkan mimpi menjadi tuan rumah Piala Dunia 2021.

Tisha menyebut, bagi sepak bola Indonesia keputusan ini merupakan momen bersejarah.

“Setelah beberapa kali mendapatkan kepercayaan dari komunitas sepak bola Asia, kali ini PSSI naik level dengan mendapatkan kepercayaan keluarga sepak bola internasional setelah ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” ujar Tisha.

Indonesia pun menjadi negara kedua di kawasan Asia Tenggara yang menggelar Piala Dunia U-20. Sebelumnya Malaysia pernah menjadi ‘host’ pada 1997 saat nama turnamen masih Kejuaraan Dunia Pemuda FIFA.

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga berhak tampil langsung di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Itu akan menjadi penampilan perdana timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 sepanjang sejarah.

Adapun timnas yang disiapkan untuk mengikuti turnamen tersebut adalah timnas U-19 yang kini dilatih oleh Fakhri Husaini. Artinya, timnas U-19 tidak perlu lagi harus lolos dan melaju ke semifinal Piala Asia U-19 2020 untuk melangkah ke Piala Dunia U-20 2021.

Adapun sebagai tuan rumah kelak, Indonesia menyiapkan sepuluh stadion. Meliputi

  • Gelora Bung Karno (Jakarta)
  • Pakansari (Bogor)
  • Manahan (Solo)
  • I Wayan Dipta (Bali)
  • Mandala Krida (Yogyakarta)
  • Jakabaring (Palembang)
  • Wibawa Mukti (Cikarang)
  • Patriot (Bekasi)
  • Jalak Harupat (Bandung)
  • Gelora Bung Tomo (Surabaya). (luk)

Update