Sabtu, 20 April 2024

Lihat, Ini Penyebab Jodoh-Batuampar Tenggelam Saat Hujan Deras

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DMBSDA) Batam menurunkan petugas untuk membersihkan drainase di daerah Jodoh, Kamis (24/10/2019).

“Tadi pagi petugas sudah turun dan berhasil mengangkat sampah plastik yang menyumbat aliran air,” kata Kepala DBMSDA Batam, Yumasnur.

Ia menyebutkan petugas menyisir drainase di lokasi banjir. Untuk daerah Melcem dan lainnya alat berat juga sudah diturunkan untuk mengangkat sedimen hingga memperluas aliran air.

“Sekarang intensitas air meningkat sehingga debit air juga naik,” jelasnya.

Petugas kebersihan dikerahkan untuk membersihkan sampah plastik yang menyumbat saluran air di kawasan Jodoh, Kamis (24/10). Sampah yang menyumbat saluran air tersebut mengakibatkan banjir di kawasan itu sehari sebelumnya. Foto: Cecep Mulyana/batam pos

“Belum lagi persoalan sampah yang menyumbat drainase. Jadi semua lagi dikerjakan sekarang,” kata dia lagi.

Yumasnur mengungkapkan, persoalan banjir tengah dicarikan solusinya. Untuk jangka pendek sudah dilakukan normalisasi dan membersihkan sampah plastik yang menyumbat drainase.

“Masih terus kami benahi. Nanti apakah ada perbaikan tahun depan untuk mengatasi persoalan banjir ini,” sebutnya.

Banyaknya sampah plastikyang ditemukan di aliran air, ia meminta masyarakat untuk tidak membuang sampah ke aliran. Kalau sudah banjir seperti ini baru panik semua.

“Kami sudah berupaya membuat drainase lebih besar agar lancar, namun kalau tetap buang sampah ke aliran air tentu tetap banjir,” paparnya.(yui)

Update