Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pulang kampung ke rumah kediamannya di Makassar, Sabtu (26/10). Kepulangannya itu disambut tokoh dan masyarakat setempat.

batampos.co.id – Untuk kali pertama sejak tidak menjabat wakil presiden, Jusuf Kalla (JK) pulang kampung ke Makassar, Sabtu (26/10/2019). Kedatangan JK bersama sang istri, Mufidah Jusuf Kalla, disambut antusias tokoh dan masyarakat setempat. Keduanya sempat diarak dengan berjalan kaki dan mendapatkan kalungan bunga.

Kepada awak media, JK mengaku sengaja pulang kampung. Dia ingin beristirahat dulu setelah tidak menjabat wapres. Soal kemungkinan bakal menjabat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), dengan tegas dia menampiknya.

”Tidak lah. Saya kan mau istirahat saja dulu. Tidak diminta juga (jadi Wantimpres, red),” katanya.

Menurut JK, posisi Wantimpres terikat dengan sejumlah ketentuan. Di antaranya, tidak boleh mengurus organisasi. Juga tidak boleh mengurus perusahaan atau bisnis serta sejumlah kegiatan lain.

Tidak ada agenda khusus selama JK berada di Makassar. Dia mengatakan bahwa kepulangannya itu murni untuk beristirahat dari aktivitas pemerintahan yang dilakukan dalam lima tahun ter-akhir. JK ingin menikmati waktu bertemu keluarga dan sahabat-sahabat di kampung halaman.

Sejumlah tokoh yang hadir menyambut kedatangan Wapres Ke-10 dan 12 RI itu. Di antaranya, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Guntur Laupe, dan mantan Menko Kesra Prof Basri Hasanuddin. Juga ada Ketua MUI Sulawesi Selatan KH Sanusi Baco serta sejumlah karyawan Kalla Group. (wan/fal)