Jumat, 29 Maret 2024

Ditemukan, Sampah Seberat Setengah Ton di Pantai Belakangpadang

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekitar setengah ton atau 500 kilogram (kg) sampah sulit urai diangkat dari Pantai Belakangpadang, Minggu (27/10/2019).

Beragam jenis sampah tersebut seperti plastik, kaleng kemasan makanan dan minuman, hingga koper bekas diangkat ke daratan.

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto, menyebutkan, kegiatan ini ditaja Komunitas Penyelam Separfishing bekerja sama dengan Bank Sampah Bumi Bertuah Belakangpadang.

Sampah yang diangkut dari laut juga langsung dipilah oleh bank sampah tersebut.

”Sampah yang dipilah juga langsung dibantu pelajar Belakangpadang, SMA 2 dan MA di sini,” kata Yudi, kemarin.

Menurut dia, kegiatan yang digelar sempena Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. Selanjutnya pihak kecamatan dan komunitas sudah berkomitmen kegiatan akan digelar rutin dua bulan sekali.

Anggota Komunitas Penyelam Separfishing menunjukkan beragam jenis sampah yang berhasil diangkat saat bersih-bersih Pantai Belakangpadang, Minggu (27/10/2019). Foto: Dokumentasi Kecamatan Belakangpadang

”Fokus pertama ini masih di seputar pelabuhan. Nantinya akan melebar ke daerah pasar, kemudian Kampung Batu Gajah dan Tanjung hingga ke seluruh perairan Belakangpadang,” papar dia.

Sebanyak 15 penyelam bersama pemuda Belakangpadang, staf kecamatan, personel TNI-Polri, serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas di Kecamatan Belakangpadang ambil bagian.

Bahkan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Belakangpadang, AKP Sulam SH ikut terjun langsung pada aksi ini.

Apresiasi disampaikan Yudi atas kegiatan yang digagas komunitas ini. Karena kebersihan sangat penting untuk daerah yang sedang dikembangkan sebagai destinasi wisata tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah di laut.(iza)

Update