Jumat, 19 April 2024

Pelabuhan Pulau Laut Uji Sandar

Berita Terkait

batampos.co.id – Ditjen Kepelabuhanan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan uji sandar pelabuhan Pulau Laut, Sabtu (26/10) lalu. Selain pulau Laut, pelabuhan Subi juga dilakukan uji sandar kapal perintis.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemkab Natuna, Iskandar DJ mengatakan, kedua pelabuhan tersebut merupakan pelabuhan perintis maka uji cobanya dilakukan menggunakan kapal perintis KM Sabuk Nusantara.

“Uji coba sandar menggunakan kapal Sabuk Nusantara 30. Dan kapal tol laut jenis ini yang akan melayani rute-rute pulau ini ke depan,” jelasnya.

Namun untuk jadwalnya kapal sambungnya, pelayaran perintis belum bisa dilaksanakan secara tetap karena pemerintah masih melakukan uji coba sandar pelabuhan yang sudah selesai dibangun.

”Pemerintah juga masih memproses regulasi dan perangkat pendukung lainnya,” ujarnya.

Target katanya, pelayaran dua pulau ini dimulai awal tahun depan. Saat ini masih proses izin, SDM, dan lainnya.

Pelabuhan perintis Pulau Laut yang dibangun 2018 lalu menelan anggaran sekitar Rp 53 miliar.
foto: batampos.co.id / aulia rahman

Dirinya menegaskan, setelah izin dan persyaratannya rampung, semua jenis kapal bisa berlabuh di kedua pelabuhan itu sesuai dengan bobot dan kapasitasnya. Mengenai tol laut dirinya menjelaskan, kapal-kapal tol laut yang melayani rute perintis bisa mengakomodir penumpang orang dan barang, sehingga gerakan barang dan orang antarpulau dan daerah dapat berjalan lebih lancar.

“Nanti keduanya akan sama sibuknya dengan pelabuhan di Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat. Semua kapal bisa masuk untuk melayani angkutan barang dan orang. Semua kapal tol laut bisa mengangkut orang dan barang kecuali kapal jenis Sandaga 40, Kapal Cakra Niaga 3 dan 4,” paparnya.

Camat Pulau Laut, Sudirman mengapresiasi program yang diterapkan pemerintah. Keberadaan tol laut diyakini akan meningkatkan laju pembangun dan perekonomian masyarakat. “Tentu kami bersyukur dan senang sekali. Sudah lama kami berharap kapal besar seperti ini bisa merapat pelabuhan,” ujarnya.(arn)

Update