Kamis, 25 April 2024

Polisi Amankan Puluhan Angkot Bermasalah

Berita Terkait

batampos.co.id – Keluhan pengguna jalan dan pengguna jasa angkutan massal di kota Batam atas ketidaktertiban angkot jenis Bimbar dan Carry terbukti.

Saat Satlantas Polresta Barelang menggelar operasi patuh seligi di jalan Ahmad Yani depan stadion Tumenggung Abdujammal, Mukakuning Seibeduk, didapati puluhan angkot bermasalah.

Diantaranya, sopir yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), dokumen kendaraan tidak lengkap hingga permasalam izin KIR sebagai angkutan penumpang.

Bahkan pelanggaran yang lebih berisiko karena bisa menyebabkan kecelakaan lalulintas. Seperti bemper bercopotan, lampu rem dan sign tak berfungsi, asap knalpot yang berlebih juga banyak ditemui pada angkot-angkot yang aktif hilir mudik di jalan raya.

Polisi lantas mengambil tindakan tegas dengan memberikan surat tilang bagi sopir yang tidak memiliki SIM atau dokumen kendaraan.

Serta rekomendasi pengandangan pada angkot yang dipandang tidak laik beroperasi lagi.

“Banyak yang bermasalah, hampir semua angkot yang kena operasi bermasalah,” Kanit Turjawali Polresta Barelang, Ipda Victor, Selasa (29/9/2019).

Personel Satlantas Polresta Barelang saat melakukan razia di depan stadion Temenggung Abdul Jamal. Foto: Eja/batampso.co.id

“Semua akan ditindak. Kalau KIR nanti kita koordinasi dengan Dishub, Uutuk pajak dengan Dispenda,” ujarnya lagi.

Tidka hanya angkot, razia yang berlangsung pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB itu, polisi juga menilang ratusan kendaraan pribadi dan umum lainnya.

“Paling banyak pemotor yang bermasalah. Kalau mobil mulai membaik kesadaran tertib berlalulintas,” paparnya.

Kata dia, biasanya dalam waktu satu jam bisa lebih dari 200 mobil yang ditilang. Namun saat ini sudah berlangsung dua jam baru seratusan yang didapati bermasalah.

“Ini akan tetap kami pertahankan dan usahakan tak ada lagi yang tidak taat berlalulintas,” kata Victor.

Pantauan di lapangan, saat operasi berlangsung, arus lalulintas dari Mukakuning ke Kepri Mall padat merayap.

Selain ada antrean kendaraan yang masuk ke lokasi tilang depan stadion Tumenggung Abdul Jammal, banyak angkot jenis Carry berwarna Kuning dan truk pengangkut pasir mendadak mogok di pinggir jalan sebelum lokasi tilang.

Kendaraan roda dua juga demikian, banyak yang mendadak mogok di sepanjang pinggiran jalan mulai simpang Kawasan Industri Panbil hingga depan Villa Panbil.(eja)

Update