batampos.co.id – Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Riau diserah terimakan dari Mizu Istiato kepada Sugeng Widodo, Rabu (30/10/2019).
Dari rilis yang diberikan kepada batampos.co.id, pada acara serah terima tersebut, Mizu menyampaikan terima kasih atas kerjasama semua pegawai dan mitra kerja baik dari pemerintah maupun swasta serta kelompok tani dan petani di Provinsi Kepri.
Menurutnya, tanpa dukungan semua pihak BPTP Kepri tidak bisa bekerja.
Sementara itu Sugeng, menyampaikan agenda pertamanya setelah menjabat sebagai Kepala BPTP Provinsi Kepri akan memperkenalkan diri terlebih dahulu ke mitra kerja BPTP Kepri.
Seperti di Bintan, Tanjungpinang, Batam, dan Karimun. Selanjutnya akan melanjutkan silaturrahim dan perkenalan ke beberapa mitra kerja yang ada di Kabupaten Lingga, Anambas, dan Natuna.
Sugeng juga memohon dukungan semua stakeholder yang ada di Kepri untuk bisa bekerjasama.
Karena tugas BPTP merakit teknologi inovasi pertanian dan mitra kerja yang ada di Kepri bisa membantu mendiseminasikan teknologi  kepada petani.
Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepri yang lama Mizu Istiato dan Kepala BPTP Kepri yang baru, Sugeng Widodo berfoto bersama setelah acara serahterima jabatan. Foto: Istimewa unyuk batampos.co.id
Di Kepri kata dia, tantangannya adalah geografis. Karena wilayah kepulauan sehingga sangat membutuhkan kerjasama yang baik dari stakeholder yang ada di Kepri.
Kepala Puslitbangtan Tanaman Pangan, Haris menyampaikan bahwa lepas sambut bertujuan memberikan estafet kepemimpinan agar keberlanjutan lebih terarah.
“Ini budaya tapi memiliki manfaat yang sangat berarti,” katanya.
Kata dia, tantangan pembangunan pertanian saat ini yaitu bagaimana teknologi inovasi dapat dimanfatkan petani.
Hal ini sesuai dengan arahan presiden untuk menjadikan inovasi sebagai budaya.
“BPTP dekat dengan tagline tersebut yaitu science, innovation, dan networks,” jelasnya.
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, kata dia, saat ini konsentrasi membangun pertanian dari bawah.
Yaitu Kecamatan atau BPP sebagai centre pembangunan pertanian.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulaua Riau, M Basri, menyampaikan kepada terima kasih kepada Kepala BPTB yang sama dan mengucapkan selamat datang kepada Kepala BPTP Kepri yang baru.
Semoga kata dia, kerjasama dalam membangun pertanian di Kepri terus lebih maju dan dapat mensejahterakan rakyat.
Setelah serah terima jabatan, dilanjutkan penandatanganan MoU Kerjasama antara BPTP Kepri dengan RRI Tanjung Pinang, dan antara BPTP dengan SMKN 4 Kota Tanjung Pinang.
Serta dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis dua ribu Bibit cabai kepada Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang; benih kedelai Kepada Gempita Kepri.
Serta penyerahan 600 paket Teknologi Badan Litbang Pertanian -Kementerian Pertanian ke Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Bintan, dan Kota Tanjung Pinang.(*)