Kamis, 25 April 2024

Cuaca Buruk, Kapolsek KPPP Sampaikan Ini ke Pengelola Jasa Transportasi Laut

Berita Terkait

batampos.co.id – Meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca buruk di perairan Batam, Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP), AKP Syaiful Badawi, mengimbau pihak pengelola jasa transportasi laut untuk berhati-hati saat berlayar.

”Kami sudah berkoodinasi dengan transportasi laut antarpulau, tujuan Dumai, Anambas, Tanjungpinang dan Karimun dari seluruh pelabuhan agar meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya, kemarin.

Selain itu, kata Badawi, dalam mewaspadai datangnya cuaca buruk seperti gelombang tinggi yang seketika saja bisa terjadi, pihaknya tetap mengacu pada imbauan yang dirilis oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Batam yang setiap hari.

”Kita meminta kepada pengelola transportasi laut, untuk memperhatikan dan mengindahkan setiap imbauan yang dikeluarkan BMKG. Jika BMKG melarang, lebih baik jangan berangkat dulu,” jelasnya.

Kendati demikian, hingga kini arus transportasi laut dari beberapa pelabuhan di Batam masih berlangsung lancar dan kondusif.

Kapal sandar di dermaga Pelabuhan Sekupang. Kapolsek KPPP, AKP Syaiful Badawi, mengimbau pengelola jasa transportasi laut untuk berhati-hati saat berlayar, terlebih saat ini cuaca kerap berubah-ubah.  
F Dalil Harahap/Batam Pos

Namun, jika sewaktu-waktu cuaca berubah dan jarak pandang semakin mi-nim, maka pihaknya meminta kepada pengelola jasa transportasi laut menunda pemberangkatan.

”Kita akan terus imbau kepada pengelola jasa transportasi laut untuk lebih mengutamakan keselamatan penumpang dengan memperhatikan life jacket dan alat keselamatan lainnya. Termasuk kapasitas penumpang,” tuturnya.

Badawi juga mengimbau nakhoda kapal, jika di tengah perjalanan terjadi cuaca buruk, maka disarankan menempuh jalur yang aman atau putar haluan ke pelabuhan keberangkatan.

Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan penumpang hingga sampai ke daerah tujuan.

”Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola transportasi laut. Jika di tengah perjalanan mengalami kondisi cuaca buruk, maka disaran-kan untuk cari jalur yang aman dengan berlindung di belakang pulau,” imbuhnya.(gie)

Update