Jumat, 26 April 2024

Lintasan Sepeda Dibangun di Sekitar Masjid Sultan 

Berita Terkait

batampos.co.id – Tahun 2020 mendatang, Dishub Batam merencanakan pembangunan jalur sepeda di sekitar Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Batuaji.

Bahkan anggaran pembangunannya sudah masuk dalam RAPBD 2020 sebesar Rp 237.500.000. Nantinya jalur sepeda ini bisa digunakan warga untuk pilihan tempat bersepeda.

“Kita masih baru merencanakan dan memang sudah kita masukkan di anggaran. Tapi kita masih akan ke lapangan untuk mensurveinya,” kata kepala bidang sarana dan prasarana Dishub Batam, Sutikno, Kamis (31/10/2019).

Sutikno mengatakan, panjang dari lintasan sepeda ini belum diketahui. Apakah nantinya akan mengelilingi masjid atau ada jalur lain di sekitar masjid.

Pengunjung berfoto dengan latar Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang, Batuaji, beberapa waktu lalu. Pemko Batam berencana akan membangun lintasan sepeda di sekitar area tersebut. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Jadi apakah nanti akan sampai ke rusun atau tidak, masih belum tahu. Kita masih akan kaji terkait ini,” tambahnya.

Menurutnya lintasan sepeda ini penting di sekitar masjid karena memang masjid tersebut juga dijadikan sebagai objek wisata religi bagi warga.

Di mana dengan adanya lintasan itu akan semakin banyak warga yang datang ke sana.

“Ini juga untuk memperindah masjid. Jadi di sekitar masjid bisa berolah raga. Ya kita lihat sajalah, ini kan belum ada kepastiannya,” ujarnya.

Sementara ketua komisi III DPRD Kota Batam, Werton Panggabean mengatakan, lintasan sepeda di Batuaji memang perlu.

Termasuk taman di ruang terbuka hijau juga. Ia berharap nantinya lintasan sepeda ini bisa menjadi salah satu pilihan warga untuk menajdi tempat berolahraga.

“Jadi bagi saudara yang beragama muslim selain berwisata religi di masjid juga bisa bersepeda,” jelasnya.

“Atau bisa bersepeda dan sekalian sholat di sana. Dan menutur saya, sarana-sarana seperti ini perlu diperbanyak di Batam,” katanya lagi.(ian)

Update