batampos.co.id – Manager Event Organizer (EO) Batam Pos, Herman Ma­ngundap, mengatakan Trabas Adventure tahun 2019 atau Seri II akan digelar di Ba­tam pada akhir Novem­ber mendatang.

Menurut Herman, pihaknya akan menyajikan rute yang lebih menantang adrenalin bagi pencinta trabas yang ikut pada kegiatan itu nanti.

“Kami berupaya untuk menjadikan event Trabas Adventure ini menjadi annual event. Karena EO Batam Pos sudah menggagas kegiatan perdana pada tahun lalu di Pulau Bintan,” ujar Herman Mangundap, Kamis (31/10).

Disebutkan Herman, saat ini, pihaknya tengah melakukan survei lapangan untuk menentukan trek yang akan dilalui bagi para riders nantinya. Kata dia, salah satu rute yang akan menjadi medan untuk me-nguji adrenalin para peserta adalah kawasan hutan Duriangkang. Masih kata Herman, pihaknya akan memilih jalur yang tidak mengganggu jalur sepeda.

“Kami akan update kembali mengenai perkembangan kegiatan ini nanti. Memang ini bukan ajang mengejar prestasi, tetapi sifatnya fun yang disajikan khusus bagi pencinta trabas di Batam dan Kepri umumnya. Sehingga bisa menjadi media promosi wisata ke dunia luar tentunya,” jelas Herman.

Event Trabas Seri II ini mendapat apresiasi dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepri. Kepala Dispora Kepri, Maifrizon, mengatakan pihaknya menyambut baik rencana kegiatan tersebut. Ia mengharapkan Trabas Adventure tahun ini memberikan tantangan tersendiri bagi pencinta trabas.

“Kami berharap melalui event ini dapat memperkenalkan Kepri khususnya Batam, Tanjungpinang, dan Bintan ke dunia internasional. Bahkan Pulau Bintan punya spot yang menantang bagi pencinta trabas,” ujar Maifrizon di Tanjungpinang, Rabu (30/10) lalu.

Selain itu, ia mengharapkan kegiatan itu nanti tidak hanya diikuti oleh peserta lokal. Namun, juga peserta dari luar negeri. Apalagi mengingat Pulau Batam merupakan daerah yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia. Menurutnya, meskipun kegiatan itu nanti bukan ajang mengejar prestasi, namun harus menjadi media promosi untuk memperkenalkan Batam yang memiliki medan yang menantang bagi penyuka olahraga tersebut.

Masih kata Maifrizon, untuk memberikan kepuasan bagi para riders yang ambil bagian nanti, pihak penyelenggara hendaknya benar-benar mempersiapkan jalur yang benar-benar menantang. Apabila memungkinkan, melewati rute-rute perkampungan. Sehingga juga bisa memperkenalkan kuliner-kuliner khas Melayu. Atas dasar itu, Maifrizon berharap, Pemko Batam ikut berperan serta pada event besar yang akan digelar Batam Pos ini nanti.

“Semoga ini menjadi event tahunan Batam Pos. Dan memberikan efek positif bagi Kepri, khususnya Kota Batam. Kami akan berupaya untuk memberikan dukungan optimal. Sehingga kegiatan ini berjalan dengan baik,” tutup Maifrizon. (jpg)