Kamis, 25 April 2024

Desa Harus Punya Produk Unggulan

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkab Natuna, Anrizal Zen, mengatakan pembangunan di Natuna harus merata hingga ke tingkat desa. Untuk meningkat ekonomi masyarakat desa perlumenggali potensi sebagai produk unggulan.

“Pembangunan ekonomi desa dapat dimulai dari potensi produk unggulan setiap desa,” katanya, Senin (4/11/2019).

Untuk menggali potensi tersebut, diperlukan inovasi masyarakat dan perangkat pemerintah desa. Mereka harus lebih jeli melihat peluang dan kosentrasi pada pengem-bangan dalam satu produk unggulan.

“Target pemerintah untuk meningkatkan ekonomi desa diharapkan lebih cepat tercapai. Jadi, desa juga harus prioritas dalam penganggaran,” ujarnya.

Anrizal menambahkan, 2020 mendatang diharapkan setiap desa di Natuna memunculkan produk unggulan yang dapat direalisasi. Karena dalam program pemerintah saat ini, anggaran desa lebih diprioritaskan pada pemba­ngunan ekonomi desa.

“Program desa juga diharapkan dapat dikawal agar tidak melenceng dan disalahgunakan. Pengelolaan anggaran desa juga sudah diamanatkan untuk pembangunan dari pinggiran sesuai program Presiden,” tegasnya.

Dikatakannya, pemerintah melalui Dinas Kesehatan menyarankan pemerintah desa menyinkronkan program dengan Dinas Kesehatan, seperti program pengentasan kekerdilan atau stunting sejak dini.

Berupa pemberian vitamin A untuk siswa. Namun, untuk remaja tidak sekolah perlu diprogramkan melalui dana desa serta memperhatikan tingkat kesehatan. (arn)

Update