Kamis, 28 Maret 2024

Lingga Raih Penghargaan dari Kementerian Keuangan

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Lingga kembali memperoleh penghargaan dari Kementerian Keuangan terhadap pengelolaan keuangan daerah yang baik pada 2018 lalu. Piagam penghargaan ini langsung diberikan oleh Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kepri, Teguh Dwi Nugroho, beserta rombongan saat mengunjungi Kantor Bupati Lingga, Daik, beberapa waktu lalu.

Wakil Bupati Lingga, M Nizar, yang menyambut sekaligus menerima piagam penghargaan, mengucapkan terima kasih.

“Kami juga merasa bangga karena dapat memperoleh predikat WTP dua kali dalam pemerintahan saat ini,” katanya.

Nizar juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh OPD yang ada di Kabupaten Lingga, karena telah bekerja keras dan baik dalam meng-olah keuangan daerah. Sehingga Pemkab Lingga kembali menerima predikat WTP. Hal ini juga tidak lepas dari kekompakan serta kerja sama yang baik antarlintas OPD.

Wakil Bupati Lingga M Nizar (dua kanan) menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan, beberapa waktu lalu.

Atas capaian tersebut, di tahun pertama WTP, Pemkab Lingga memperoleh tambahan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 14 miliar.

Untuk itu, Nizar juga berharap kucuran dana dari pemerintah pusat ditambah, seiring meningkatnya penge-lolaan keuangan dan laporan keuangan yang baik.

“Tentunya kebijakan tersebut akan menjadi motivasi kepada Pemkab Lingga untuk terus memperbaiki sistem keuangan di daerah,” katanya.

Sementara Kakanwil Dirjen Perbendaharaan Kepri, Teguh Dwi Nugroho, menyampaikan bahwa WTP bukan menjadi tujuan akhir bagi setiap pemerintahan, namun hendaknya memiliki korelasi positif terhadap kinerja daerah.

Laporan keuangan yang telah disusun baik, hendaklah menjadi feedback untuk ke depan yang lebih baik lagi.

“Pemerintah daerah juga hendaknya meningkatkan kualitas sistem informasi pemerintah daerah, terutama terkait keuangan,” kata Teguh. (wsa)

Update