Sabtu, 20 April 2024

Pengendara Roda Dua Dominasi Pelanggaran Berlalulintas

Berita Terkait

batampos.co.id – Operasi Zebra Seligi 2019 memasuki hari-hari terakhir. Senin (4/11/2019), Satlantas Polresta Barelang melaksanakan razia di Jalan Ahmad Yani atau tepatnya di depan Stadion Temenggung Abdul Jamal.

Hari terakhir Operasi Zebra itu, melibatkan banyak personel dari Satlantas Polresta Barelang, dibantu Provost, Dispenda, Polisi Militer (PM), Dinas Pehubungan (Dishub) Kota Batam, dan Jasa Raharja.

”Kegiatan hari ini (kemarin, red) masih dalam rangka Operasi Zebra bersama beberapa instansi,” ujar Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar.

“Dalam kegiatan ini, untuk pajak yang mati akan diserahkan ke Dispenda, masalah KIR ke Dishub, dan kita pada kelengkapan kendaraan,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam razia itu pihaknya menilang barang bukti kendaraan roda dua sebanyak 45 unit, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 65 lembar, dan 33 lembar Surat Izin Mengemudi (SIM).

”Paling banyak pelanggaran itu pengendara roda dua yang tidak melengkapi administrasi,” ujarnya.

“Pengendara langsung kita tilang dengan menahan barang bukti kendara-an, STNK maupun SIM,” sebutnya lagi.

Selain melakukan penilangan terhadap pengendara yang tidak melengkapi dokumen, pihaknya juga memberikan bunga kepada pengendara yang lengkap administrasi maupun kelengkapan kendaraan.

Anggota PM dan Satlantas Polresta Barelang mengecek kelengkapan dokumen pengendara dan memberikan bunga saat razia gabungan di depan Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Senin (4/11/2019). Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

”Pemberian bunga ini sebagai bentuk ucapan terima kasih. Total ada 250 bunga yang kami berikan kepada pengemudi yang tertib administrasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, Operasi Zebra ini akan berlangsung hingga hari ini, Selasa (5/11/2019).

Dalam Operasi ini, ada delapan sasaran yakni, kelengkapan administrasi pengemudi dan kendaraan bermotor, penggunaan helm SNI, kendaraan yang melawan arus lalu lintas, serta penggunaan sabuk pengaman.

Kemudian pengemudi dalam pengaruh alkohol dan obat obatan terlarang, menggunakan ponsel saat mengemudi, melampaui batas kecepatan, serta pengemudi di bawah umur.

Selain itu, tidak terkecuali untuk mobil angkutan barang yang bermuatan melebihi kapasitas, melawan arus, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), plat motor, dan pelanggaran lainnya.

Kemudian pengemudi di bawah umur yang belum memiliki SIM, tidak menggunakan helm, menggunanakan narkoba atau mabuk dan mengemudi melebihi kecepatan.

Hal ini dilakukan pihak kepolisian dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas.
Selain di kawasan Stadion Temenggung Abdul Jamal, razia juga digelar di depan Edukids Batam Center, yang dikomandoi Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri.

Ada delapan jenis pelanggaran yang menjadi sasaran polisi dalam operasi yang dimulai pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB itu.

PS Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Kepri, Kompol Oji Fahroji, menyebutkan, Operasi Seligi 2019 ini juga menyasar delapan sasaran.

”Delapan sasaran ini menjadi prioritas kami,” kata mantan Kapolsek Sekupang itu.

Ia menambahkan, sasaran utama lainnya dalam razia kali ini adalah kendaraan pelat merah atau milik pemerintah.

Bahkan, kata Oji, selama operasi, sedikitnya empat kendaraan operasional milik BP Batam dan Pemko Batam turut diamankan ke Polda Kepri.

”Pelat merah gak bayar pajak kan malu. Kendaraan pelat merah yang tak bisa menunjukkan surat-suratnya kita lakukan penindakan. Baru bisa keluar setelah mereka lengkapi surat-suratnya,” tegas Oji.

Selain itu, mobil truk Pertamina yang menggunakan sirine juga tak luput dari penindakan razia.

Ditegaskan Oji, peruntukan sirine harus ada dasar hukum prinsip yang jelas dan tentunya harus dilengkapi.

”Dan peruntukannya juga harus jelas. Digunakan buat apa,” tegasnya.

Pantauan di lapangan sejumlah kendaraan roda empat dan roda dua diperika keleng-kapannya.

Tak sedikit warga yang tidak memiliki surat-surat kendaraan diberikan penindakan.

Dalam razia gabungan kali ini petugas Direktorat Lalu Lintas turunkan 30 orang personel. (gie/rng/mib)

Update