batampos.co.id – Sebanyak 30 perusahaan yang bernaung di bawah APINDO Kepri akan ikut dalam bursa kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri 21-22 November mendatang di kawasan Batamindo Industrial Park.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan bursa kerja merupakan upaya pemerintah dalam menyalurkan pencaker yang masih belum menemukan perusahaan tempat bernaung.

“Semuanya provinsi yang melaksanakan. Karena kita ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan tentu kami akan bantu sesuai porsinya seperti fasilitasi kegiatan,” kata dia, Rabu (6/11/2019).

Rudi mengungkapkan adanya bursa kerja ini diharapkan bisa menjadi kesempatan bagi pencaker yang setiap hari mencari pekerjaan. Hampir setiap hari ratusan orang berada di MPH untuk mencoba peruntungan.

“Tentu kami berharap bursa kerja ini bisa menyerap sebanyak-banyaknya pencaker yang ikut nantinya,” ujarnya.

Mengenai 30 perusahaan yang akan bergabung dalam bursa kerja, mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Batam ini menuturkan belum mengetahui pasti.

Para pencari kerja memenuhhi Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo, Mukakuning,
Foto: Yulitavia /batampos.co.id

Hingga kini surat dari provinsi baru sebatas informasi penyelenggaraan kegiatan bursa kerja.

“Saya belum tahu jenis perusahaan apa yang akan meramaikan bursa kerja ini. Namun begitu tetap harapannya bisa menyerap pencaker sebanyak-banyaknya,” terang Rudi.

Menurutnya, jumlah pencaker yang ada tidak jauh dari tahun lalu. Kekurangan pencari kerja adalah tidak memiliki keahlian yang dibutuhkan.

Khusus untuk dunia industri kesempatan kerja selalu ada, namun banyak yang tidak bisa memenuhi persyaratan.

“Hal ini menyebabkan pencari kerja semakin banyak. Keadaan ini tidak bisa terhindarkan karena gelombang pencaker selalu masuk,” jelasnya.

Untuk, itu, adanya bursa kerja ini diharapkan bisa dimanfaatkan pencaker untuk menemukan pekerjaan. Kegiatan masih lama, jadi masih ada waktu untuk mempersiapkan diri.

“Mekanismenya nanti dari provinsi. Seperti apa nanti bursa kerja digelar. Mudah-mudahan banyak yang terserap,” tutupnya.(yui)