batampos.co.id – Dalam situasi yang tidak terduga, raksasa elektronik Korea Selatan (Korsel), Samsung mematikan divisi CPU core custom-nya. Dengan keputusan yang telah diambil tersebut, kita tidak akan lagi melihat core yang dikembangkan di masa mendatang seperti Moongoose M4 yang ditemukan di Exynos 9820, silikon andalan Samsung saat ini.

Sebagaimana dilansir dari Gizmochina, Rabu (6/11), menurut surat Worker Adjustment and Retraining Notification (WARN) yang diajukan ke Texas Workforce Commission, Samsung menghentikan proyek CPU di Samsung Austin Research Center-nya. Keputusan tersebut mengakibatkan 290 karyawan Samsung dirumahkan.

Surat WARN alias Notifikasi Penyesuaian Pekerja dan Pelatihan Kembali adalah pemberitahuan yang diamanatkan bahwa pemberi kerja harus memberikan kepada pemerintah negara bagian jika terjadi PHK besar. PHK yang disebutkan sebelumnya akan berlaku mulai tanggal 31 Desember mendatang.

Surat WARN tidak berbicara detail soal berapa banyak PHK yang dilakukan di Austin dan berapa banyak di California. Michele Glaze, juru bicara Samsung Austin mengatakan, meski ada penghentian divisi custom CPU, namun fasilitas manufaktur di Austin tetap mempekerjakan sekitar 3.000 orang. Dirinya juga menyatakan bahwa setiap pekerja akan diperlakukan dengan sangat terhormat dengan semua haknya telah diberikan. Para pekerja juga telah diberikan informasi dan pemberitahuan lanjutan.

Meskipun rentang chip-set Samsung Exynos menawarkan kinerja yang patut dipuji, mereka biasanya menempati urutan kedua dari keluarga Snapdragon Qualcomm dalam tolok ukur kinerja. Dalam bahasa sederhana, penawaran terkini dari Qualcomm memberikan kinerja yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Ini sangat penting untuk memperpanjang cadangan baterai di smartphone saat ini. (*)