batampos.co.id – Kementrian Pembedayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan terbaik ke beberapa kantor pelayanan wilayah Regional 1.

Untuk Kepri, penghargaan diraih UPT SAMSAT Batamcenter sebagai Role Model Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Baik” tahun 2019.

Penghargaan diterima langsung oleh Kepala UPT PPD (Pelayanan Pendapatan Daerah) Batamcenter, Vira Jiansa Respaty.

Ia mengaku sangat bangga dengan penghargaan tersebut. Penghargaan yitu kata dia, membuktikan jika UPT layak jadi percontohan untuk kantor pelayanan.

“Alhamdulillah, UPT Samsat Batamcenter sebagai role model dengan nilai terbaik dari Kementrian. Hal ini terwujud berkat adanya tim yang solid,” ujar Vira.

Diakuinya, beberapa waktu lalu ada tim dari Kemenpan datang untuk menilai beberapa indikator, seperti pelayanan, profesionalisme SDM, Sarana dan Prasarana, SIP serta konsultasi dan pengaduan.

Kepala UPT PPD Batamcenter, Vira Jiansa Respaty menerima penghargaan dari Kemenpan RB untuk kategori Baik. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Ternyata dari beberapa indikator penilaian, UPT Samsat terpilih sebagai yang terbaik di wilayah regional 1.

“Tahun 2018 lalu, Kepri juga mendapat penghargaan untuk nilai C, namun untuk wilayah Samsat Tanjungpinang. Dan Alhamdulillah tahun ini naik menjadi B dan itu diberikan ke UPT Samsat Batamcenter,” ujarnya.

Menurut dia, penghargaan itu juga menjadi motivasi untuk pihaknya untuk bisa lebih baik lagi. Ia berjanji akan melakukan inovasi, terutama dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

“Memperlebar pelayanan dan mempermudah masyarakat dalam urusan pelayanan,” terang Vira.

Masih kata Vira, UPT Samsat Batamcenter melayani diantaranya pajak kendaraan bermotor, balik nama.

Pelayanan bisa dilakukan di samsat corner yang ada di 4 mal Batam, kantor pusat di Graha Kepri, MPP, Drive Thru, bis samsat keliling dan tim samsat bergerak.

“Kami permudah dengan membuka banyak tempat pelayanan untuk membayar pajak,” pungkas Vira.(she)