batampos.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada 2020 mendatang.

Tahapan rek-rutmen dilaksanakan 27 November hingga 3 Desember 2019 mendatang.

”Sepanjang memenuhi persyaratan, silakan masyarakat mendaftarkan diri. Kami harap masyarakat sukseskan kegiatan ini,” kata Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza, Jumat (8/11/2019).

Reza mengatakan, Panwas Kecamatan ini akan direkrut sebanyak 36 orang se-Batam. Dari jumlah ini per kecamatan sebanyak 3 orang petugas.

Rekrutmen ini dilakukan berdasarkan aturan Bawaslu Pusat yang mengamanatkan penjaringan Panwascam secara terbuka.

”Siapkan persyaratan dari awal, karena cukup banyak,” ujar Reza.

Ketua Bawaslu Batam, Syailendra Reza (tengah), menjelaskan mekanisme pendaftaran Panwascam Kota Batam saat jumpa pers di kantornya, Jumat (8/11). Bawaslu akan merekrut 36 Panwascam yang akan bertugas di 12 kecamatan di Batam pada Pilkada 2020 mendatang. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Adapun persyaratan menjadi anggota Panwascam di antaranya, tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya lima tahun pada saat mendaftar.

Selanjutnya, tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakilkepala daerah, sekurang-kurangnya dalam jangka lima tahun.

”Serta bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan pemerintahan atau BUMN/BUMD selama masa keanggotaan,” terangnya.

Tahapan dan jadwal pembentukan Panwascam meliputi, pengumuman pendaftaran pada 13-26 November 2019, pendaftaran dan penerimaan berkas 27 November-3 Desember 2019.

Selanjutnya, penelitian kelengkapan berkas persyaratan administrasi 27 November-4 Desember 2019, pengumuman hasil penelitian administrasi pada 12 Desember 2019.

Selain itu, tanggapan dari masyarakat pada 12-15 Desember 2019, tes tertulis dan wawancara 13-17 Desember 2019, pengumuman hasil tes wawancara 18 Desember 2019, dan pelantikan 21 Desember.(nji)