batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam mengumukan syarat dan formasi yang akan dibuka pada seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2020 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengatakan pendaftaran akan dibuka selama 15 hari.

Pendaftaran dibuka online mulai 11-25 November mendatang.

Ia menyebutkan sudah dua kali rapat untuk memadukan petunjuk teknis (juknis) dari pusat dan daerah. Misalnya untuk persyaratan indeks prestasi kumulatif (IPK).

“Ini salah satu poin yang akan dipersyaratkan untuk seleksi CPNS tahun depan,” kata dia, Sabtu (9/11/2019).

Menurutnya, kesempatan terbuka lebar untuk anak khususnya yang dari pulau dan memenuhi pesyaratan sesuai dengan formasi yang dibuka.

Ini merupakan kebijakan dari pimpinan agar anak-anak Batam ini ikut bersaing dengan pelamar dari luar.

“Itu arahan dari Pak Wali. Jadi anak Batam berkesempatan cukup besar untuk ikut seleksi,” imbuhnya.

Mengenai formasi yang dibuka, Jefridin menyebutkan akan diumumkan satu hari jelang pendaftaran dibuka, termasuk syarat dan cara mendaftar seleksi CPNS.

“Besok Minggu diumumkan. Karena masih menuggu persetujuan Pak wali. Kebetulan beliau lagi di luar kota. Mudah-mudahan malam ini kembali dan bisa segera diumumkan ke publik terkait formasi yang tersedia,” jelasnya.

ilustrasi

Pria yang pernah menjadi tenaga pengajar ini menuturkan, untuk syarat hampir sama dengan tahun lalu. Salah satunya pelamar harus mengunggah ijazah, KK dan KTP asli melalui situs pendaftaran. Persyaratan lain seperti foto. Pelamar bisa langsung melamar sesuai dengan jurusan dan formasi yang tersedia.

“Kami berharap anak-anak Batam bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjadi ASN. Persiapkan diri dalam menghadapi tes yang rencananya akan digelar April mendatang,” ucapnya.

Lanjutnya, sistem seleksi masih sama dengan tahun lalu. Tahap pertama pelamar akan melalui seleksi administrasi. Jika lolos peserta akan lanjut mengikuti tes lainnya. Tes masih digelar sistem CAT. Sehingga mereka bisa melihat nilainya secara langsung.

Berdasarkan surat keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi nomor 668 tahun 2019, Pemko Batam mendapatkan 140 kuota CPNS tahun 2020 mendatang.

Rinciannya yaitu, tenaga pendidikan sebanyak 71 orang, kesehatan 42 dan tenaga teknis 27 orang. Jefridin berharap dengan jumlah yang tidak terlalu banyak ini bisa dimanfaatkan pelamar dan bisa melewati passing grade dan lanjut ke tes selanjutnya.

“Tentu besar harapan kami semua yang lolos nanti bisa mengisi kebutuhan tenaga yang ada. Jadi silahkan persiapkan diri dan mendaftar,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KEsehatan (Dinkes) Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan belum mengetahui detai formasi yang didapatkan dari pusat. Sejak mengajukan 200 lebih dan disetujui hanya 42 formasi, pihaknya belum mendapatkan informasih lanjutan.

“MUngkin besok (hari ini, red) diumumkan, sebab Senin kalau tidak salah sudah dibuka kesempatan untuk mendaftar,” ujarnya.

Mengenai jumlah kuota yang didapatkan dinkes, Didi mengakui memang masih jauh dari kebutuhan yang ada. Namun hal itu sudah cukup bagus. Ia berharap CPNS yang lolos nanti bisa bekerja dengan baik.

“Karena dinkes itu identik dengan pelayanan ke masyarakat. Jadi kami berharap mereka benar-benar menjadi pelayan kesehatan yang melayani keperluan pasien nanti,” imbuhnya. (yui)