Kamis, 25 April 2024

Alibaba Raup Rp 168 T dalam Sejam

Berita Terkait

foto: befren.com

batampos.co.id – Alibaba Group telah memulai Festival Belanja Singles Day pada 11 November (11.11) pukul 00.00 dini hari waktu setempat. Baru sejam dimulai, Alibaba mengklaim telah mencatat pencapaian yang menakjubkan.

Dalam satu jam pertama, Gross Merchandise Volume (GMV) dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai USD 12 miliar atau setara dengan Rp 168 triliun. Pencapaian tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, angka penjualan tahun ini meningkat sekitar 22 persen. Pada Singles Day tahun lalu, pendapatan Alibaba dalam satu jam pertama sebesar CNY 69 miliar atau sekitar Rp 138 triliun. Sedangkan untuk penjualan total Alibaba melalui platform-nya selama festival promo 11.11 ini mencapai nilai USD 30 miliar atau sekitar Rp 420 triliun.

Dalam keterangan tertulisnya kepada JP Group, pada satu jam pertama sejak 11.11 dimulai, ada sejumlah daftar negara dengan jumlah penjualan tertinggi ke Tiongkok. Negara-negara tersebut adalah Jepang, Amerika Serikat (AS), Korea, Australia, Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Kanada, dan Selandia Baru.

Adapun 10 kategori teratas produk impor yang dibeli konsumen Tiongkok berdasarkan GMV adalah suplemen makanan untuk kesehatan. Posisi selanjutnya ada masker wajah, susu bayi dan balita, makeup, popok, set perawatan kulit, emulsion (bagian dari perawatan kulit), serum kulit wajah, pembersih wajah, serta nutrisi bayi dan balita.

Beberapa jam sebelum festival belanja 11.11 dimulai, platform streaming video Alibaba, Youku, menyajikan acara gala dan countdown 11.11 untuk merayakan peluncuran resmi festival belanja tahunan ini. (*)

Update