batampos.co.id – Taman Jodoh Boulevard dan Maritim Square kembali dipenuhi Pedagang Kaki Lima (PKL), Senin (11/11/2019).

Beberapa di antara pedagang tersebut merupakan pedagang yang sebelumnya berjualan di sekitar Pasar Induk Jodoh.

”Saat ini jualan dari pagi sampai malam dan tidak permanen di sini, kabarnya mau dipindahkan,” ucap Frans, seorang pedagang di sekitar Taman Jodoh Boulevard, kemarin.

Menurut informasi yang didapat, kini para pedagang mulai berjualan terutama saat pagi hingga malam hari.

Terutama, pedagang mainan, baju, dan sebagainya. Sedangkan yang berjualan malam hari, rata-rata didominasi pedagang yang berjualan makanan.

Beberapa pedagang mengaku nekat berjualan di lokasi yang pernah digusur oleh Pemko Batam tersebut, lantaran mereka butuh uang untuk hidup sehari-hari.

Pedagang kembali membuka lapak jualan di Jodoh Boulevard, Batuampar, Senin (11/11/2019). Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

“Mau tidak mau jualan dulu, revitalisasi pasar induk juga belum mulai,” ucap pedagang lainnya, yang tak berkenan menyebutkan namanya.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam Suhar menuturkan, untuk rencana revitalisasi Pasar Induk Jodoh memang sudah ada.

Nantinya, setelah pasar selesai direvitalisasi, para pedagang tersebut akan ditempatkan di sana.

”Kunci penataan wilayah tersebut adalah penataan pasar induk. Setelah itu, baru yang lain bisa kita benahi,” katanya.

Karena itu, sambung dia, penataan para pedagang juga tergantung seberapa cepat bisa menyelesaikan revitalisasi Pasar Induk Jodoh.

”Artinya agar lebih memudahkan relokasi pedagang tersebut,” jelasnya.

Terkait aktivitas pedagang berjualan di area tersebut, ia mengatakan pihak kecamatan juga terus mengawasi aktivitas pedagang di sana.(zis)