batampos.co.id – Sebanyak 12 perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur tergabung dalam bursa kerja yang digelar Dinas Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Batam.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Batam, Rudi Sakyakirti, mengatakan, bursa kerja diharapkan bisa menyerap jumlah pencari kerja dalam jumlah yang banyak.

“Ada banyak perusahaan besar yang sudah bergabung. Itu domainnya Apindo kalau kami hanya fasilitasi saja. Karena yang mengerjakan itu provinsi,” kata dia, Selasa (12/11/2019).

Saat ini jumlah pencari kerja di Batam juga banyak. Bursa kerja ini merupakan kesempatan untuk mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Ia berharap jumlah lowongan yang tersedia nanti bisa mengakomodir kebutuhan kerja bagi pencaker.

Para pencari kerja memenuhi Multi Purpose Hall (MPH) di kawasan industri Batamindo, Mukakuning, Kota Batam.  Pada Kamis (21/11/2019) dan Jumat (22/11/2019) mendatang. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Berapa total pastinya saya kurang tahu. Namun perusahaan yang bergabung cukup banyak dan besar,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Apindo Batam, Rafki mengatakan hingga kini sudah ada 12 perusahaan yang bergabung dan siap membuka kesempatan kerja di bursa kerja yang akan diselenggarakan 21-22 November mendatang.

“Targetnya memang 30 perusahaan. Ada berbagai jenis lowongan serta keahlian yang disediakan perusahaan,” jelasnya.

Rafki menyebutkan beberapa jenis lowongan yang dibuka diantaranya operator, welder, fitter, project engineering, QA, programmer, training spesialis, IT engineering, manajemen trainee dan masih banyak lainnya.

“Jadi nanti pencaker bisa langsung melamar sesuai dengan keahlian mereka,” jelasnya.

“Mudah-mudahan banyak yang terserap. Kalau jumlah lowongan masih belum ada berapa pastinya. Karena jumlah perusahaan masih bertambah hingga pelaksanaan bursa kerja nanti,” tutupnya.

Berikut daftar 12 Perusahaan yang ikut bursa kerja di Batamindo:

  1. PT Flextronic Technology Indonesia.
  2. PT TDK Electronics Indonesia.
  3. PT Samyung Precission Batam.
  4. PT Citra Tubindo.
  5. PT Enerco Pro Internasional.
  6. PT Starjet Operations Bintan.
  7. PT Summit Oto Finance.
  8. PT Oto Multiartha.
  9. PT Caterpillar Indonesia Batam.
  10. PT Mes Machinery Indonesia.
  11. PT Scheneider Electric Manufacturing Batam.
  12. PT Ecogreen Oleochemical

(yui)