batampos.co.id – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri menghadirkan pojok rehab, konseling dan pengurusan SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba) di Mall Pelayan Publik (MPP) Batamcenter, Selasa (12/11/2019).

Keberadaan BNN Corner di MPP ini diyakini dapat memudahkan masyarakat untuk mengakses beragam pelayanan.

Kepala BNNP Kepri Brigjen Richard Nainggolan mengatakan BNN Corner ini bisa juga menjadi sarana edukasi ke masyarakat dan pemberian informasi mengenai hal-hal mencurigakan.

“Silahkan datang ke sini, berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan narkoba,” katanya.

Ia mengatakan masyarakat yang ingin rehabilitasi bisa menyambangi MPP, karena di BNN Corner telah dilengkapi petugas dengan latar belakang dokter, psikolog dan konselor.

Karena tempatnya berada di pojok di MPP dan tidak terlalu mencolok, sehingga masyarakat dapat berkonsultasi dengan aman dan tenang.

“Kami pastinya merahasiakan siapa yang konseling ke sini. Identitas tak akan pernah kami sebutkan,” ucapnya.

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepri. BNN Kepri kini membuka layanan konseling di Mal Pelayanan Publik Batam Centre. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Bagi masyarakat telah melaksanakan konseltasi di MPP, akan dilakukan assesment untuk menentukan tingkat kecanduan. Setelah itu barulah keluar rujukan, apakah rawat jalan atau rawan inap.

“Untuk perawatan harus di jalani di Loka Rehab di Nongsa. Tak hanya pribadi, bisa konsultasikan mengenai keluarganya yang bermasalah dengan narkoba juga,” tuturnya.

Richard memastikan bagi masyarakat yang melaporkan sendiri atau keluarganya untuk menjalani rehabilitasi, tidak akan melalui proses hukum.

Selama perawatan kata dia, seluruh prosesnya tidak dipungut biaya.

“Gratis, tidak diproses hukum. Karena yang datang ke sini, pasti ingin sembuh dari ketergantungan narkoba,” ungkapnya.

Keberadaan BNN Corner ini, melengkapi sejumlah pelayanan yang ada di MPP. Sekretaris BPM-PTSP, Zulkifli Aman, mengaku senang dengan bergabungnya BNNP Kepri di MPP.

Ia mengatakan dengan masuknya BNNP Kepri, makan layanan di MPP bertambah.

“Layanan diberikan BNNP Kepri ada 3, jadi sekarang jumlah layanan kami disini ada 433. Dan instansi yang bergabung disini, berjumlah 34 termasuk BNNP Kepri,” ujarnya.

Zulkifli mengaku bergabungnya BNNP Kepri menambah kekuatan MPP. Tambah kekuatan, katanya berarti menambah kemudahan bagi masyarakat.

“Semoga ke depan, semua jenis layanan tersedia disini,” pungkasnya.(ska)