Kamis, 25 April 2024

Dishub Batam Tutup Beberapa U-Turn, Alasannya….

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam gencar menutup jalur kendaraan memutar arah (u-turn) di sejumlah titik.

Penutupan ini dilakukan untuk mencegah kemacetan dan meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas.

”Ada beberapa titik (U-turn) yang kita tutup,” kata Kabid Lalu Lintas Dishub Batam, Edward Purba, kemarin.

Salah satunya, di sepanjang Jalan R Soeprapto yang menghubungkan wilayah Sagulung-Batu Aji.

Tepatnya ke arah Simpang Dapur 12 hingga SPBU Simpang Basecamp. Edward mengatakan, penutupan U-turn ini juga sudah melewati kajian dan sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya.

”Berdasarkan hasil kajian dari Satker (Satuan Kerja) Kementerian Pekerjaan Umum pusat, hasil rekayasa lalu lintas U-turn ini kita tutup,” katanya.

Dishub kota Batam menutup U-turn yang berada di persimpangan dekat Welcome To Batam. Penutupan tersebut untuk menghindari kecelakaan lalu lintas dan mengurai kemacetan. Foto: Putut Ariyo Tejo/batampos.co.id

Diakuinya, sebelum U-turn ditutup, di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan perilaku oknum masyarakat berkendara dengan melawan arah.

”Setelah kita berkordinasi dengan Lantas (Polisi Satuan Lantas) dan pihak terkait lainnya, angka kecelakaan dan kemacetan menjadi berkurang,” tambah Edward.

Begitu juga dengan U-turn di dekat Simpang Basecamp, setelah ditutup, angka kecelakaan di sana juga berkurang.

Dishub sendiri, lanjut dia, sudah berkoordinasi dengan Satlantas dan kelurahan. Responsnya sangat positif, sehingga dengan adanya penutupan U-turn ini membuat angka kecelakaan menjadi bekurang.

”Jadi, tak ada lagi yang nyelonong,” ujarnya.

Selain di Batuaji dan Sagulung, pihaknya juga akan menutup sejumlah U-turn yang dinilai menjadi penyebab kemacetan dan kecelakaan. Salah satunya yang ada di Bengkong.

”Bengkong jalannya kecil, ditambah kendaraan di sana cukup padat. Makanya kita akan akan lakukan pengkajian,” terang Edward.

Sebelumnya, Dishub Batam juga menutup U-turn di depan Welcome to Batam. Meskipun awalnya banyak keluhan dari warga terkait penutupan ini, sehingga harus memutar lebih jauh. Namun terbukti mampu meminimalisir kecelaakaan.

U-turn di sana bertepatan dengan persimpangan jalan, sehingga banyak kendaraan yang langsung mengambil jalur kanan untuk lewat U-turn tersebut. Dan itu cukup rawan kecelakaan,” terang Edward.(rng)

Update