Kamis, 18 April 2024

Kawasan PLTGU Tanjunguncang Jadi Hijau

Berita Terkait

Bright PLN Batam, melakukan penghijauan kawasan pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Tanjunguncang. Penghijauan dilakukan diseluruh kawasan aset Briht PLN. Mulai penghijauan dikawasan gardu-gardu hingga kawasan pembangkit. Sehingga dapat membantu pemeliharaan lingkungan aset yang lebih sehat.

Penghijauan dipimpin Direktur Operasi Brigth PLN Batam, Awaluddin Hafid, Selasa (12/11), usai melakukan penghijauan di lingkungan PLTGU Tanjunguncang. Selain melakukan penghijauan, mereka juga menyerahkan bantuan bak sampah ke warga, 50 unit. Bantuan itu diakui, menjadi bagian program Bright PLN, mendukung kelestarian lingkungan.

“Hal ini sebagai bagian dari program dan kontribusi kita terhadap lingkungan hidup. Kita berharap bahwa penghijauan yang kita lakukan hari ini, menjadi awal untuk penghijauan di seluruh aset-aset PLN Batam,” katanya.

Direncanakan, penghijauan disiapkan untuk dilakukan, tidak hanya untuk aset Bright PLN di Batam. Namun di daerah lain, dimana Batam memiliki aset. “Baik yang ada di Batam maupun luar Batam, karena kita juga memiliki aset pembangkit diluar Batam ini. Mulai dari pulau Nias, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Lampung, Pontianak, Lombok, NTB,” jelas Awaluddin.

Diakui, pihaknya akan melakukan penghijauan disemua lokasi aset mereka. “Bukan saja di area pembangkit, akan tetapi juga di gardu-gardu induk. Dan mudah-mudahan juga di titik-titik yang kita anggap penting untuk kita hijaukan. Dan perluas di lingkungan kita.” bebernya.

Disebutkan, program penghijauan yang dicanangkan, diharapkan sebagai bentuk kontribusi PLN Batam dalam membantu dan menyelamatkan bumi. Mereka memilih pohon tabebuya, seperti halnya Sakura, yang dinilai memiliki keunikan.

“Dimana pada saat-saat tertentu daunnya akan rontok dan menghasilkan daun yang indah,” ujar dia.

Awaluddin mengatakan, dengan penanaman pohon itu, maka warga Batam, tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati keindahan pohon sakura ini. “Sakura akan ada di pulau Batam,” janjinya.

Disebutkan, untuk tahun 2020 nanti, titik untuk program penghijau akan dilakukan di 20 titik. “Tapi pada tahun 2020 nanti, kita juga ada taman Bright PLN Batam, dikawasan Barelang,” imbuh Awaluddin.

Sementara HSE Brigth PLN Batam, Arief Kuncoro mengatakan, selain penanaman tabebuya senayan 200 pohon, mereka juga menggelar gotong royong. di lokasi PLTGU Tanjunguncang dan sekitaranyam

Selain itu ada gotong royong yang dilakukan oleh pegawai dan masyarakat. “Dan hari ini ada 200 pohon yang ditanam di kawasan ini. Kami ucapakn terima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung penuh kegiatan ini. Kegiata ini tidak hanya sampai disini. Tetapi tetap berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara Ketua RW di daerah itu menyampaikan ucapan terima kasih untuk PLN. “Kami sebagai perwakilan warga mengucapkan terimakasih atas kegiatan yang dilakukan PLN. Kegiatan yang menyentuh lingkungan . Kami sangat mendukung dan mensupport kegiatan dari Bright PLn Batam,” ujar dia.(*)

Update