batampos.co.id – KKN SISDAMAS 2019 STAIN Sutan Abdurrahman Kepri telah usai dilaksanakan.

Dari kegiatan yang berjalan kurang lebih 40 hari tersebut, para mahasiswa menghasilkan beberapa produk halal.

Salah satu produk halal yang di hasilkan adalah pupuk kompos dari serabut kelapa yang di namakan “Arsbut”.

Produk dihasilkan oleh anggota KKN SISDAMAS 2019 STAIN Sutan Abdurrahman Kepri kelompok 10 RW 04, Kelurahan Tanjungpinggir.

Produk tersebut mengantarkan kelompok 10 menjadi yang terbaik. Produk mereka pun terpilih menjadi terbaik pertama pada KKN SISDAMAS 2019 STAIN Sutan Abdurrahman Kepri.

Mahasiswa KKN SISDAMAS 2019 STAIN Sutan Abdurrahman Kepri berfoto bersama. Foto: Dokumentasi Stain Sultan Abdurrahman untuk batampos.co.id

Hal ini dikarenakan produk tersebut berdaya guna dan memiliki nilai jual. Serta merupakan produk baru yang belum ada sebelumnya dan menjadi temuan terbaru dari mahasiswa KKN SISDAMAS 2019 STAIN Sutan Abdurrahman Kepri kelompok 10.

Mulanya serabut-serabut kelapa tersebut hanya merupakan sampah-sampah sisa produksi pengolahan kelapa di sekitaran daerah kelompok 10 melakukan KKN.

Namun mahasiswa menilai bahwa serabut-serabut tersebut bisa bernilai jual bila dikemas dan diolah dengan lebih baik.

Pengemasan dan pemasaran sendiri dilakukan bersama dengan masyarakat tanjung pinggir khususnya masyarakat di Rw 04.

Hal ini di lakukan agar setelah mahasiswa KKN SiSDAMAS 2019 STAIN Sutan Abdurrahman Kepri menyelesaikan kegiatan KKN produksi “Arsbut” dapat tetap berlanjut dan memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat.(*)