batampos.co.id – Menteri kelautan dan perikanan (KKP), Edhy Prabowo, berkomitmen untuk mempermudah dan mempercepat pengurusan izin penangkapan ikan kepada nelayan.

Saat berkunjung ke Batam, Rabu (13/11/2019) lalu, Edhy menyampaikan bahwa pihaknya tengah menggodok upaya untuk mempermudah segalah proses perizinan tersebut.

Upaya yang sedang dilakukan diantaranya; menggelar kajian dan penghitungan ulang secara interen, serta berkoordinasi dengan kementerian lain yang berkaiatan.

Kementerian Perhubungan misalkan untuk izin kapal dan juga Kementerian Tenaga Kerja untuk tenaga kerja.

“(Untuk kajian interen) saya minta dirjen (yang berkaitan) menghitung (ulang) waktunya (lama proses penerbitan izin). Karena izin ini tidak tergantung hanya kita saja tapi ada izin kapal dari Kemenhub misalkan, izin tenaga kerja dari Kemenaker,” ujarnya.

Menteri KKP, Edhy Prabowo. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Sementara untuk teknis lintas menteri tersebut, KKP sudah beberapa kali menggelar rapat koordinasi dan diakui Edhy semuanya sepakat untuk memangkas aturan yang menghambat pengurusan perizinan.

“Semua welcome. Beberapa kali sudah koordinasi dan sepakat untuk dipermudah. Berapa lama (pengurusan) izin akan segera diputuskan. Sekarang lagi penyatuhan masukan dengan lintas kementerian” ujarnya.

Dengan dipermudahnya proses perizinan diharapkan tujuan pemerintah untuk mensejahterakan nelayan bisa tercapai dengan baik.

Nelayan pun juga diharapkan punya komitmen yang sama untuk melaksanakan aktifitas penangkapan ikan sesuai dengan kaidah dan aturan yang ada.

“Mari sama-sama jaga kelestarian laut. Upaya mensejahterakan nelayan memang jadi prioritas tapi nelayan juga harus taat dengan aturan yang ada,” imbau Edhy.(eja)