batampos.co.id – Beberapa hari ke depan, Batam masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Potensi hujan ini disebabkan dengan kelembaban udara yang cukup tinggi. Lalu, ditambah dengan adanya perlambatan kecepatan angin di wilayah Kepri.

Sehingga, menyebabkan bertambahnya peluang pembentukan awan-awan hujan di wilayah Kepri.

”Perkiraan kami, Jumat (15/11/2019) hujan dan Sabtu (16/11) berawan,” kata Kasi Datin Stamet Hang Nadim, Suratman, Kamis (14/11/2019).

Ia merinci, hujan di Jumat (15/11/2019) mulai dari dini hari, pagi, siang hingga malam. Suhu dini hari hingga pagi diperkirakan rata-rata 25 derajat celcius.

Dengan kelembaban 90 persen dan kecepatan angin bervariasi dari 9,2 hingga 18 kilometer per jam.

Sedangkan di Sabtu (16/11/2019) saat dini hari berawan, namun pagi harinya diperkirakan terjadi hujan lokal.

Namun, di siang dan malam hari, cuaca cerah berawan.

BMKG Hang Nadim batam memprediksi Kota Batam akan terus diguyur hujan hingga dua hari ke depan. Foto: Dokumentasi batampos.co.id

”Prediksi akurat itu, dua hari ke depan. Kalau untuk satu minggu kurang akurat,” tuturnya.

Suratman berharap, masyarakat Batam dapat mengantisipasi fenomena perubahan cuaca. Oleh sebab itu, masyarakat diharapkan selalu memperbaharui informasi cuaca.

”Perubahan cuaca mendadak ini menyebabkan hujan lebat, angin kencang, petir hingga gelombang tinggi. Selalu antisipasi hal-hal seperti ini,” ucapnya.

Terkait informasi gelombang di perairan Batam, Bintan, Karimun dan Lingga, masih dalam batas normal. Tapi di Anambas dan Natuna, gelombang cukup tinggi.

Suratman memperingatkan masyarakat yang berkaktivitas di laut, agar selalu berhati-hati dan mewaspadai gelombang tinggi.

”Gelombang di perairan utara Natuna dan Anambas ini diperkirakan 1,5 hingga 2,5 meter,” kata Suratman.(ska)