batampos.co.id – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, mengatakan pemerintah daerah sangat mendukung program prioritas Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Indonesia.

Menurutnya, kegiatan itu dapat menjadi acuan bagi setiap pemerintah daerah, khususnya bagi Kabupaten Natuna, untuk menyusun program kerja yang mengerucut pada 5 program prioritas yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

”Diharapkan realisasinya bisa dirasakan Kabupaten Natuna dan dapat melengkapi program percepatan pembangunan yang sudah dicanangkan Presiden untuk Kabupaten Natuna,” ungkapnya, Jumat (15/11/2019).

Hamid menyebutkan, peme-rintah daerah bersifat otonomi, namun semua terikat dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga harus tetap ada keselarasan mengenai program-program di setiap pemerintahan daerah, mulai dari tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Hamid mengatakan, lima program prioritas kepemim-pinannya selama 5 tahun di antaranya pembangunan sumber daya manusia (SDM). Karena Natuna sebagai daerah perbatasan membutuhkan SDM yang andal untuk bersaing dengan SDM negara tetangga. Ditambah lagi soal kesehatan dan pendidikan, program prioritas ini sangat tepat. Karena tidak ada lagi ke depannya muncul kesenjangan sosial antara masyarakat di beranda negara dengan negara tetangga.

Tidak hanya itu, sambung Hamid, Natuna masih membutuhkan peningkatan peme-rataan infrastruktur sebagai bagian dari program prioritas Presiden.

Ditambah penyega-ran regulasi, reformasi birokrasi dan kelancaran transformasi ekonomi yang sangat dibutuhkan Kabupaten Natuna yang berada di perbatasan laut Cina Selatan.

”Pemerintah daerah berharap, infrastruktur ini lebih dimaksimalkan untuk Natuna. Supaya sebagai beranda nega-ra di bagian utara lebih menambah minat investasi dibidang pariwisata dan perikanan dimasa mendatang,” harapnya. (arn)