batampos.co.id – Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti, menjelaskan jam kerja karyawan atau pegawai sudah dijelaskan dalam undang-undang.

Dalam pasal 77 ayat 1, UU Nomor 13/2003 diatur ketentuan jam kerja, yakni selama 40 jam per minggu.

Untuk karyawan yang bekerja 6 hari dalam seminggu, jam kerjanya adalah 7 jam dalam 1 hari.

Sedangkan untuk karya-wan dengan 5 hari kerja dalam 1 minggu, kewajiban bekerja mereka 8 jam dalam 1 hari.

”Intinya dalam seminggu karyawan kerja 40 jam. Itu sudah ada aturannya,” jelas Rudi.

Menurut dia, jika karyawan di perusahaan bekerja lebih dari 40 jam seminggu, maka perusahaan itu wajib membayar lembur karyawan.

Hitungan kerja karyawan dihitung per jam dari gaji per satu bulan.

Ilustrasi Pekerja. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

”Lewat dari itu, karyawan wajib diberi lembur oleh perusahaan,” kata Rudi.

Namun, aturan ini tak berlaku bagi sektor usaha atau pekerjaan tertentu. Ketentuan mengenai waktu kerja pada sektor usaha atau pekerjaan tertentu tersebut selebihnya diatur dalam Keputusan Menteri.

Keputusan Menteri yang dimaksud adalah Kepmenakertrans Nomor 233 tentang Jenis dan Sifat Pekerjaan yang Dijalankan Secara Terus Menerus.

Dimana pada pasal 3 ayat (1) mengatur bahwa pekerjaan yang berlangsung terus menerus tersebut di antaranya, pekerjaan di bidang pelayanan jasa kesehatan, pekerjaan di bidang pelayanan jasa transportasi, pekerjaan di bidang jasa perbaikan alat transportasi, pekerjaan di bidang usaha pariwisata, dan pekerjaan di bidang jasa pos dan telekomunikasi, pekerjaan di bidang penyediaan tenaga listrik, jaringan pelayanan air bersih (PAM), dan penyediaan bahan bakar minyak dan gas bumi, pekerjaan di usaha swalayan, pusat perbelanjaan, dan sejenisnya, pekerjaan di bidang media massa, pekerjaan di bidang pengamanan, pekerjaan di lembaga konservasi, pekerjaan-pekerjaan yang apabila dihentikan akan mengganggu proses produksi, merusak bahan, dan termasuk pemeliharaan/perbaikan alat produksi.

Selain itu, karyawan bisa melaporkan perusahaan tersebut ke pengawas Dinas Ketenagakerjaan Provinsi. Perwakilan pengawas ini bisa ditemui di Kantor Disnaker Kota Batam.(she)