Rabu, 24 April 2024

Peserta Lomba Manasik Haji di Batam Mencapai 2.765 Orang

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemko Batam melalui Bagian Kesra Setdako Batam menyelenggarakan Lomba Manasik Haji Tingkat Kota Batam Tahun 2019.

Sebanyak 2.765 peserta tercatat mengikuti acara tersebut yang berlangsung Minggu (17/11/2019) di Dataran Engku Putri Batam.

Kabag Kesra Setdako Batam, Riama Manurung, mengatakan, 2.765 peserta tersebut terdiri dari 2.557 yang merupakan peserta yang dibagi dalam 5 kategori, serta 208 orang pendamping.

”Sebenernya jumlahnya lebih dari 2.765 peserta, akan tetapi ada 1 tim yang mengundurkan diri,” ujar Riama.

Adapun, 5 kategori tersebut antara lain, TK sederajat, SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat dan Majelis Ta’lim se-Kota Batam.

Jumlah tim yang ikut serta dari tiap kategori yakni, TK/RA/PAUD sebanyak 40 tim, SD/MI sebanyak 103 tim, SMP/MTs sebanyak 38 tim, SMA/MA/SMK sebanyak 14 tim dan Majelis Ta’lim sebanyak 22 tim. Tiap tim terdiri dari 11 sampai 15 orang.

Para peserta mengikuti lomba manasik haji tingkat pelajar dan BKMT Kota Batam 2019 di Dataran Engku Putri Batam Center, Minggu (17/11/2019). Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

”Kategori TK sederajat pesertanya boleh digabung baik laki-laki maupun perempuan,” jelasnya.

“Tapi untuk kategori SD/MI, SMP sederajat dan SMA sederajat tim laki-laki dan perempuan harus terpisah, ini berbeda dari tahun sebelumnya,” paparnya lagi.

Kata dia, sebelum perlombaan dilaksanakan, sudah dilakukan Technical Meeting pada tanggal 13 November di ruang rapat Hang Nadim Lantai IV Kantor Wali Kota Batam dan dihadiri oleh 206 orang kordinator perwakilan dari semua peserta.

Riama juga mengatakan, jumlah peserta tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan jumlah peserta tahun lalu.

”Lebih banyak sekarang,” katanya.

Menurutnya, tujuan diadakannya lomba ini adalah menjalin silaturrahmi dan juga mengajarkan nilai keagamaan terutama rukun Islam ke-5 yakni ibadah Haji bagi yang mampu kepada para pelajar yang ada di Kota Batam.

Adapun, dewan juri yang memberikan penilaian tergabung dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Kementerian Agama Kota Batam, dan Pemko Batam. Jumlah dewan juri sebanyak 70 orang.

Pemenang ditetapkan dari juara 1, juara 2 dan 3 hingga juara harapan 1 untuk tiap kategori.

”Yang dinilai antara lain, kerapian, pakaian, bacaan serta kekompakan peserta dalam melakukan prosesi Manasik Haji tersebut,” ucapnya.

Total hadiah yang diperebutkan pada lomba ini adalah sebanyak Rp 90 juta. Lomba Manasik Haji tahun ini sudah yang ke-17 kalinya dilaksanakan oleh Pemko Batam.(mib)

Update