batampos.co.id – Peserta bursa kerja atau job fair yang akan diselenggarakan di Kawasan Indsutri Batamindo, Mukakuning, 21-25 November mendatang, sudah lengkap.

Yakni sebanyak 30 perusahaan akan ikut ambil bagian dalam bursa kerja tersebut.
Manager Admin & General Affair Batamindo, Tjaw Hioeng, mengatakan, jumlah peserta job fair sudah sesuai dengan target awal, yakni 30 perusahaan.

”Hari ini (kemarin, red), ada lima perusahaan lagi yang mendaftar. Jadi total sudah 30 perusahaan ikut dalam job fair nanti,” katanya, Senin (18/11/2019).

Tjaw Hioeng menyebutkan, kelima perusahaan tersebut melengkapi jumlah peserta job fair yang sudah mendaftar hingga Jumat (15/11/2019) lalu.

Di antara perusahaan-persuahaan peserta job fair, yakni PT Flextronic yang beroperasi di Batamindo.

Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur elektronik tersebut membuka tujuh jenis lowongan kerja.

Kemudian, PT TDK di Kabil membuka lima jenis lowongan kerja. Lalu, PT Samyung di Batamindo membuka dua jenis lowongan kerja.

Selanjutnya, Citra Tubindo di Kabil membuka 12 jenis lowongan kerja, serta Enerco di Kabil membuka tiga jenis lowongan kerja.

Selain itu, ada juga Starjet di Bintan, Summit Oto Finance, dan Oto Multiartha di Seipanas, Caterpillar di Tanjunguncang yang buka enam jenis lowongan kerja.

Para pencari kerja memenuhi Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo, Mukakuning. Manager Admin & General Affair Batamindo, Tjaw Hioeng, mengatakan, jumlah perusahaan yang akan mengikuti job fair bertambah menjadi 30 perusahaan. Foto: Yulitavia/batampos.co.id

Kemudian, lanjut Tjaw Hioeng, PT Mes Machinery di Tanjunguncang yang buka lima jenis lowongan kerja, PT Schneider di Batamindo yang membuka tujuh lowongan kerja, Miracle Aesthetic Clinic di Batam Center buka tiga jenis lowongan kerja.

Batamindo sendiri, sambungnya, membuka empat lowongan kerja. Lalu, Ciba Vision di Batamindo buka enam jenis lowongan kerja.

Sementara itu, PT Fantastik Group juga buka empat jenis lowongan kerja, BBPLK Bekasi satu jenis lowongan kerja. BPJS Ketenagakerjaan juga ikut berpartisipasi.

Lalu, Asuransi BRI Life di Seipanas yang membuka dua jenis lowongan kerja, Indoyasa Karya Utama di Panbil membuka lowongan operator.

Selain itu, masih kata Tjaw Hioeng, PT Tunas Karya Indoswasta di Batamindo membuka 19 jenis lowongan kerja mulai tingkat operator hingga tingkat manajer.

Lalu, PT Epson di Batamindo juga membuka lowong kerja, ada lima posisi yang ditawarkan.

Terakhir Langit Orange Sky di Plamo Garden, Batam Center membuka tiga jenis lowongan kerja. ”Besok (hari ini, red) ada technical meetingnya,” Tjaw Hioeng.

Bursa kerja kali ini diyakini bisa menyerap ribuan pencari kerja yang akan memadati event yang digelar Disnaker Provinsi Kepri, Apindo, dan Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri di Mall Purpose Hall (MPH) Batamindo.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Batam, Rafki, menuturkan, dalam acara job fair sebagai salah satu solusi mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.

”Diperkirakan mencapai ribuan peluang kerja tersedia. Ini kesempatan karena sempitnya lapangan kerja belakangan ini,” katanya.

Pihaknya berharap, para pencari kerja yang datang tidak hanya unskill tapi juga yang berskill.

Apalagi lowongan yang ada mulai dari manajer hingga level operator.

”Ini adalah kesempatan bagi pencari kerja, diharapkan bisa memenuhi segala aspek kriteria yang dibutuhkan perusahaan,” harapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, jumlah pengangguran pada Agustus 2019 juga bertambah sebanyak 366 orang jika dibanding Agustus 2018 atau bertambah 0,53 persen.

Sedangkan jumlah penduduk yang bekerja juga mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir.

Pada Agustus 2017, jumlahnya mencapai 896.931 orang, Agustus tahun 2018 meningkat menjadi 901.019 orang, dan Agustus 2019 meningkat 3,85 persen menjadi 935.682 orang.(leo/zis)