batampso.co.id – Proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Kabupaten Karimun masih dibuka.

Dari formasi yang ditawarkan atau tersedia, pelamar yang paling banyak mendaftar di formasi guru. Karena, dari 122 kuota yang disediakan, guru paling banyak kuotanya mencapai 50 orang.

”Sampai dengan siang ini (kemarin, red) jumlah pelamar yang sudah mendaftar sebanyak 357 orang,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karimun, MS Sudarmadi kepada Batam Pos, Senin (18/11).

“Dari jumlah tersebut paling banyak mendaftar pada formasi guru,’’ kata dia lagi.

Selain jumlah yang dibutuhkan banyak, jenis-jenis guru yang dibutuhkan juga tidak hanya satu. Melainkan, ada beberapa jenis.

Para peserta tes CPNS saat melakukan daftar ulang jelang Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di kantor UPT BKN Kepri di kantor Bersama Pemko Batam, akhir tahun lalu. Di karimun formasi guru paling diminati para pendaftar CPNS. Foto: Cecep Mulyana/batam pos.co.id

“Misalnya, guru matematika, bahasa. Bahkan, tidak hanya guru SD, tapi juga untuk guru SMP,” ujarnya.

Selain formasi guru yang banyak pelamarnya, kata Sudarmadi, untuk pelamar yang mendaftar CPNS tahun ini, 70 persen berasal dari Kabupaten Karimun.

Selebihnya dari Tanjungpinang, Bintan dan daerah Kepri lainnya. Ini menunjukkan bahwa cukup banyak anak muda Karimun berpendidikan S1 dan berminat mengabdikan diri sebagai ASN di Pemerintah Kabupaten Karimun.

Sementara itu, lanjutnya, untuk proses verifikasi sampai saat ini masih terus berjalan. Sudah lebih dari 200 dokumen pelamar yang dilakukan verifikasi.

Hal ini dilakukan untuk menghindari agar panitia seleksi bisa bekerja tepat pada waktunya.

Artinya, tidak menunggu masa pendaftaran ditutup baru mulai verifikasi, karena dikhawatirkan akan terlambat. (sandi)