batampos.co.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Batam merombak hampir semua struktur pengurus partainya.

Seperti misalnya Ketua DPS PSI Kota Batam yang sebelumnya dijabat Ari Zullutfi, per 21 Oktober 2019 kemarin resmi dijabat oleh Hng Jin Gui.

Begitu juga Wakil Ketua PSI Batam yang sebelumnya dijabat Anto Duha, saat ini digantikan oleh Simson Siallagan.

Sementara Sekretaris PSI Batam yang sebelumnya dijabat Heksa Sarjono Putro, saat ini dijabat oleh Hadyanna Prathita Rahayu. Sementara bendahara PSI Batam saat ini dijabat oleh Hendra Yana.

Pergantian kepengurusan baru DPD PSI Batam, menurut Hng Jin Gui, bertujuan untuk membuka inovasi dan gebrakan baru partai.

“Kami ingin mengedepankan transparansi seperti penggunaan dana kesbangpol, dana reses dan aspirasi yang dipakai anggota kami yang duduk di parlemen,” ujarnya, Selasa (19/11) siang.

“Dalam waktu dekat, kami PSI Batam akan membuka kantor DPS PSI Kota Batam sekaligus kantor pelayanan publik yang berada di Komplek First City Batamkota,” jelasnya.

 PSI. Foto: Jawa Pos

Untuk pengurus yang lama, lanjutnya, tetap dipertahankan menjadi aset partai. Mereka ditarik menjadi dewan pertimbangan dan penasihat serta direktorat-direktorat lainnya.

“Perombakan struktural kepemimpinan ini bukan ada apa-apa, hanya ingin menciptakan inovasi dan gebrakan baru serta penyegaran saja,” terangya.

Sementara terkait pembukaan kantor pelayanan publik, menurut Hng Jin Gui, ingin menampung dan membantu masyarakat yang kesulitan.

Misalnya dalam mendapatkan pelayanan publik seperti kepengurusan administrasi, serta hal lainnya yang menyangkut kebijakan publik.

“Kami menginstruksikan kepada kader perwakilan PSI yang duduk di parlemen, seperti di DPRD Batam, jangan takut bersuara, jangan takut kalau ada hal yang janggal,” ujarnya.

“Sampaikan ke masyarakat, kalau memang misalnya ada APBD dan pemakaiannya yang janggal, kami menginstruksikan perwakilan PSI di parlemen Batam untuk membongkarnya ke publik maupun ke media,” tegasnya.

Sementara terkait pilgub dan pilwako yang akan digelar tahun depan di Batam, Hng Jin Gui menegaskan akan lebih memfokuskan sebagai pendamping dan mendorong program-program kandidat.

“Siapa yang layak, memiliki konsep, visi-misi yang bagus dan masuk di logika, tak muluk-muluk dan programnya pro rakyat, entah itu dari kandidat profesional, independen, dan tokoh politik lain sekalipun, kami akan berikan dukungan penuh dan dorongan untuk kandidat tersebut,” jelasnya.

“Intinya dalam pilgub dan pilwako di Batam nanti, dukungan PSI akan diberikan kepada kandidat yang memiliki visi-misi yang bagus,” ujarnya mengakhiri.(gas)