batampos.co.id – Para pecari kerja (pencaker) yang ingin mengajukan lamaran pekerjaan pada bursa kerja yang digelar di MPH Batamindo dapat mengajukannya secara online via e-bursa kerja kemnaker.go.id

Manager Admin and General Affair Batamindo, Tjaw Hioeng, mengatakan, nantinya data pencaker dan perusahaan akan di update di laman tersebut.

“Jadi nanti di stand bursa kerja ada barcode lalu pencaker tinggal scan saja,” katanya, Rabu (20/11/2019).

Ia menambahkan, para pencaker yang telah mencantumkan atau mendaftar di laman website tersebut ada sekitar 9 ribu orang.

Ratusan pencaker berebut memasukkan lamaran di MPH Batamindo, Mukakuning, beberapa waktu lalu. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Pencaker tinggal scan QR code pada stand masing-masing konter perusahaan yang mengikuti job fair.

Menurutnya hal ini memudahkan para pencari kerja untuk melamar secara online dengan memanfaatkan teknologi agar sistem perektutan berjalan lancar.

“Jadi ketika datanya sudah di upload di sistem kemenaker saat mendatangi stand perusahaan di bursa kerja pencari kerja tinggal di scan tanpa perlu membawa berkas fisik,” paparnya.

Sebanyak 30 perusahaan akan berpartisipasi dalam bursa kerjadi Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo, Mukakuning, Kamis (21/11).

Disnaker Kepri dan Disnaker Batam dan Kemenaker menggandeng Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) serta 30 perusahaan akan membuka bursa kerja.

Kegiatan job fair ini merupakan pertama kalinya di Kepri yang diselenggarakan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).(zis)