batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam menggelar perkemahan lintas agama di Hutan Wisata Mukakuning, Seibeduk, mulai Selasa (19/11/2019) hingga Kamis (21/11/2019).

Kegiatan tersebut sekaligus merupakan rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB). Menurut Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Zulkarnain Umar, tujuan digelarnya perkemahan lintas agama untuk mendekatkan dan mempererat kerukunan dan kekompakan antarumat beragama di kalangan pelajar atau remaja.

“Supaya mereka merasakan hidup berbangsa dan bernegara, bagaimana mereka bisa membangun kebersamaan itu,” ujarnya.

Perkemahan ini, lanjutnya, juga diharapkan membangun solidaritas antarremaja yang mempunyai peran penting dalam membangun daerah, bangsa dan negara.

Sehingga tercipta kerukunan, kedamaian dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketua Panitia HAB Kemenag Batam, Budi Dermawan mengalungkan tanda peserta saat upacara pembukaan perkemahan lintas agama di Taman Wisata Alam Mukakuning, Selasa (19/11/2019). Foto: Galih/batampos.co.id

“Selanjutnya agar memahami bahwa hidup kita saling berdampingan. Kalau persoalan agama itu adalah masing masing individu dengan tuhannya,” katanya.

Zulkarnain juga berharap kegiatan perkemahan lintas agama dapat terbangun kebersamaan dan saling menyayangi antarpeserta meskipun berbeda agama.

Sementara Ketua Panitia HAB Kemenag Kota Batam, Budi Dermawa,  menambahkan, perkemahan lintas agama ini diikuti sekitar 500 peserta dari 36 sekolah di Kota Batam.

Perkemahan lintas agama dilaksanakan selama tiga hari yaitu, mulai Selasa (19/11) sampai Kamis (21/11).

“Ini merupakan roadshow kami memperingati HAB Kemenag yang ke-74. Peserta terdiri dari semua agama dari SMP dan SMA se Batam,” katanya.

Selain berbagai macam perlombaan seperti cerdas cermat dan lainnya, peserta juga akan diberikan pemahaman bahwa Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Oleh karena itu nilai persatuan harus diutamakan.(gas)