Selasa, 19 Maret 2024

Emak-emak Adu Cepat Lomba Sampan Ketinting dan Campang

Berita Terkait

batampos.co.id – Perlombaan sampan Ketinting dan sampan Campang yang menjadi ciri khas masyarakat pesisir turut memeriahkan rangkaian HUT ke-69 Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) RI yang digelar oleh Ditpolairud Polda Kepri di Tanjungriau, Sekupang, Kamis (21/11/2019) pagi.

Perlombaan ini berlangsung cukup meriah karena juga diikuti peserta dari kaum ibu-ibu.  Sampan yang biasanya dipergunakan untuk menangkap ikan itu, diadu kecepatannya dengan cara mendayung ke lokasi yang sudah ditentukan.

Jarak tempuh perlombaan sekitar 500 meter dan peserta harus bolak balik di jalur yang sudah ditentukan.

Perlombaan dan rangkaian kegiatan HUT Polairud ini dipimpin Wakapolda Kepri, Brigjen Yan Fitri Halimansyah, dan jajaran petinggi Ditpolair Polda Kepri.

Kepada wartawan, Yan Fitri mengatakan, perlombaan Sampan Ketinting dan Sampan Campang ini sengaja digelar untuk menghargai masyarakat pesisir yang selama ini sudah berperan aktif menjaga wilayah perairan Indonesia, khususnya Kepri.

Ibu-ibu ikut lomba sampan Campang yang digelar Ditpolairud Polda Kepri menyambut HUT ke-69 Polairud di perairan Tanjungriau, Sekupang, Kamis (21/11/2019). Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Perlombaan ini juga untuk mengangkat nilai-nilai kearifan lokal dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat pesisir dengan harapan ke depan bisa menjadi ajang wisata bahari yang dipertontonkan setiap tahunnya.

”Tujuan utamanya ya untuk memperat tali silaturahim baik di antara sesama masyarakat pesisir ataupun dengan kepolisian. Makanya, perlombaan ini juga melibatkan kaum ibu-ibu,” ujar Yan Fitri.

Selain itu, Yan Fitri juga berharap, di HUT ke-69 Polairud ini, semua elemen masyarakat, TNI dan Polri serta pemerintah sama-sama peduli dengan laut.

“Agar lautnya tetap bersih dan terjaga dari sampah-sampah dan kotoran, karena potensi wisata kita di Kepri memang berasal dari bahari laut,” katanya.

Direktur Polairud Polda Kepri, Kombes Benyamin Sapta, juga berharap di HUT Ditpolairud kali ini, seluruh anggota bisa menjadi sumber daya manusia yang tangguh.

“Kita harap ke depan Ditpolairud lebih profesional dalam menjaga keamanan di Provinsi Kepri dengan sumber daya manusia dengan prasarana yang ada,” ucapnya.(eja)

Update