batampos.co.id – Menghadapi puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Batam mendapatkan tambahan armada KM Dorolonda.

Kapal berkapasitas 1.907 ini akan membawa penumpang tujuan Belawan 20 Desember 2019 mendatang.

Kepala Operasional PT Pelni Batam, Dicky Dermawandi, mengatakan, selain penambahan jadwal kapal, pihaknya juga mendapatkan bantuan satu armada untuk menghadapi lonjakan penumpang.

Selain mengangkut penumpang ke Belawan, KM Dorolonda juga akan membawa penumpang dari Kijang menuju Tanjungpriok 22 Desember 2019 mendatang.

“Ini antisipasi adanya lonjakan penumpang. Nanti penumpang akan diberangkatkan melalui KM Kelud dan KM Dorolonda,” sebutnya

Sesuai dengan putusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), KM Kelud mendapatkan dispensasi penumpang khusus non seat sebanyak 49 persen atau 1.268 penumpang.

PT Pelni mendapatkan armada tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Natal dan Tahun Baru. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Jadi total penumpang untuk sekali jalan mencapai 3.865 penumpang. Jumlah ini masih aman dan sesuai dengan kemampuan KM Kelud,” terangnya.

Selain itu, berbagai kelengkapan keamanan berlayar untuk keselamatan penumpang juga sudah ada.

Ia menyebutkan sebelum puncak aru mudik, seluruh peralatan akan dicek kelayakannya.

“Ini sangat penting. Jadi pelampung, sekoci dan peralatan lainnya harus ready demi keamanan pelayaran,” imbuhnya.

Pemesanan tiket kata dia, saat ini sudah mulai ramai. Setiap hari calon pemudik mendatangi konter untuk mendapatkan tiket.

Ia mengimbau kepada calon pemudik untuk segera membeli tiket sebelum kehabisan.

“Penjualan masih dibuka. Jadi silahkan pesan sekarang. Tiket masih ada,” tutupnya.(yui)