Minggu, 19 Mei 2024

Batam Diharapkan Jadi Motor Pendongkrak Ekonomi Nasional

Berita Terkait

batampos.co.id – Batam dan Bintan masuk dalam proyek prioritas nasional utama pemerintah dalam lima tahun kedepan.

Alasannya karena kawasan perdagangan bebas di Batam dianggap paling maju secara ekonomi dibanding kawasan serupa lainnya di Indonesia.

Kasubdit Kawasan Strategis Direktorat Pengembangan Wilayah dan Kawasan Kementeriaan Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), Ika Retna Wulandary, mengatakan, Batam memang diharapkan jadi motor pendongkrak ekonomi nasional.

Karena hal tersebut, Batam masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Batam memegang peranan penting dalam menarik investor,” jelasnya di Hotel Harris Batam Centre, Jumat (22/11/2019).

“Batam merupakan kawasan perdagangan bebas paling dominan dengan pertumbuhan paling baik. Penguatan Pusat Pertumbuhan di wilayah ini menjadi prioritas Presiden yang kami jabarkan dalam RPJMN 2020-2024,” kata Ika lagi.

Ilustrasi kawasan industri di Kota Batam. Batam diharapkan menjadi motor pendongkrak ekonomi nasional. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Karena hal tersebut, BP Batam juga merancang rencana strategis (Renstra) BP Batam tahun 2020-2024.

Implementasinya akan disesuaikan dengan RPJMN 2020-2024 yang merupakan arahan langsung dari Presiden Jokowi.

BP Batam telah menetapkan fokus pengembangan Batam 5 tahun ke depan untuk mendukung RPJMN 2020-2024 dengan sektor unggulan yakni manufaktur, jasa, logistik dan pariwisata.

Wakil Kepala BP Batam, Purwiyanto, mengatakan, penyusunan rencana strategis (Renstra) tahun 2020-2024 merupakan proyeksi lima tahun ke depan.

Prioritas perencanaan akan berpotensi pada penerimaan, serta berdampak pada akselerasi pencapaian target visi misi pemerintah.

“Saya optimis lima tahun ke depan kondisi BP Batam akan lebih baik. Mari fokus bekerja untuk Batam yang lebih baik,” paparnya.(leo)

Update