Kamis, 18 April 2024

Daftar Haji Sekarang, Berangkat 17 Tahun Kemudian

Berita Terkait

batampos.co.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Batam mencatat hingga kini dafrar antre calon jemaah haji Batam sudah mencapai 13 ribu jemaah.

“Itu yang terbaru. Sebab setiap hari ada yang dafar terus,” kata Kasi Pelayanan Haji dan Umrah, Kemanag Batam, Amanuddin, Jumat (22/11/2019).

Saat ini kata dia, masa tunggu hingga 17 tahun. Sehingga apabila jemaah calon haji mendaftar sekarang, estimasi keberangkatan 17 tahun dari saat ini.

Ia menyebutkan, saat ini daftar calon jemaah haji yang akan berangkat tahun depan sudah ada daftarnya. Namun ini belum resmi, sebab harus menunggu dari pusat.

“Kalau estimasi tentu masing-masing pendaftar pasti sudah tahu kapan mereka berangkat. Informasi resmi dan kuota tetap dari pusat,” ujarnya.

Jemaah haji kloter pertama asal Kepri debarkasi Batam tiba di Asrama Haji Batam, Minggu (18/8/2019) lalu. Kemenag Kota Batam menyatakan waktu keberangkatan calon jemaah haji yang mendaftar tahun ini, baru bisa berangkat 17 tahun mendatang. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Mereka yang sudah membayar setoran awal Rp 25 juta akan mendapatkan nomor antre keberangkatan.

uSelanjutnya jika nama mereka keluar, baru dilakukan pelunasan dan diberangkatkan.

“Hampir semua bank syariah bekerja sama dengan kami untuk mempermudah pembayaran biaya haji ini,” imbuhnya.

Mengenai permasalahan salah satu bank yang saat ini tengah membutuhkan suntikan dana, menurutnya belum ada informasi resmi dari pusat.

Jemaah yang sudah menyetorkan dana di bank tersebut tidak usah khawatir, selama belum ada pemberitahuan.

“Kalau mereka sudah dapat nomor antre, tinggal tunggu saja.Soal bank itu akami belum tahu detailnya. Sejauh ini bank tersebut kan masih aktif dan berjalan,” ungkapnya.

Jemaah diminta tidak khawatir karena menyetorkan dana hajinya di bank tersebut. “Ini kan dana umat.

Pemerintah pasti ada solusi. Sementara ini belum ada juga jemaah yang datang untuk menanyakan ini,” imbuhnya.(yui)

Update