batampos.co.id – Sempena hari ulang tahun (HUT) ke-16 Kabupaten Lingga, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang, menyerahkan 4.500 kartu peserta, untuk perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) Nelayan di Kabupaten Lingga.

Kepala Kantor BPJS Kete­nagakerjaan Cabang Tanjungpinang, Rini Suryani, menyampaikan, penyerahan kartu peserta sebanyak 4.500 tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, melalui APBD P tahun 2019 telah membayarkan iuran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pekerja.

“Khususnya para nelayan yang notabene pekerja yang paling banyak dan memiliki resiko yang paling tinggi,” kata Rini, Senin (25/11/2019).

Selain itu, dikatakan Rini usai upacara juga diserahkan secara simbolis Jaminan kematian kepada tiga ahli waris masing-masing mendapatkan Rp 24 Juta.

Bupati Lingga, Alias Wello, memegang replika kartu BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami serahkan pada tiga ahli waris PTT (Pegawai Tidak Tetap) non ASN Kabupaten Lingga atas nama Rizalul Fiqri, Iskandar, dan Dadan Sumpena,” ujarnya.

Rini berharap masyarakat pekerja lainnya yang ada di Lingga, khususnya Dabo, dapat segera menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dikatakan Rini, tidak perlu jauh-jauh untuk melakukan pendaftaran menjadi peserta, karena saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan Bank BNI Dabo yang membuka unit layanan.

Dia mengatakan, unit layanan yang ada dapat melakukan proses klaim baik jaminan kematian, jaminan hari tua serta konsultasi jaminan kecelakaan kerja, dan calon peserta dapat melakukan pendaftaran menjadi peserta untuk mendapatkan program jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua serta jaminan pensiun. (eri)