Sabtu, 20 April 2024

Ingat Ya, Jangan Berikan e-KTP Kepada Orang Tak Dikenal

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, Said Khaidar mengimbau kepada masyarkat untuk tidak sembarangan memberikan fotokopi e KTP kepada orang tidak dikenal.

Pasalnya saat ini banyak penipuan yang dilakukan orang tidak bertanggungjawab dengan menggunakan fotokopi dan foto dari e KTP untuk melakukan pinjaman secara online.

Said mengaku tidak tahu bagaimana proses dan syarat pinjaman online tersebut. Namun menurutnya, segala cara bisa dilakukan oleh pihak yang bermaksud jahat untuk mendapatkan keuntungan.

ilustrasi e-KTP. Dokumentasi batampos.co.id

Salah satunya, dengan memakai indentitas orang lain untuk mendapat pinjaman.

“Bagaimana persyaratan untuk pinjaman online itu saya tidak tahu. Tapi kalau yang namanya niat jahat, pasti memakai berbagai cara, contohnya dengan memakai indentitas orang lain,” ujarnya.

Karena itu, ia mengimbau seluruh masyarakat agar berhati-hati memberikan indetitas pribadi kepada orang lain. Apalagi, dengan tujuan dan kegiatan yang tidak jelas.

“Hati-hati kalau memberikan indentitas kita, apalagi sama orang tak dikenal. Karena memang kejahatan itu bisa terjadi,” jelas Said.(she)

Update