batampos.co.id – Sudah sepekan, kapal ferry yang melayani penumpang dari pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun tujuan Tanjung Buton kabupaten Siak Provinsi Riau, tidak beroperasi untuk sementara.

Sehingga, bagi calon penumpang yang akan berangkat ke Riau maupun Sumatera tidak bisa menggunakan kapal ferry besar.

”Untuk kapal ferry tidak bisa, hanya speed boat dari pelabuhan domestik Tanjungbalai ke Selat Belia baru langsung tujuan Tanjung Buton. Jadi sementara, bisa menggunakan speed boat dahulu,” jelas Kepala Bidang Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Capt Mozes Karaeng, Senin (25/11/2019).

Dengan demikian, pihaknya masih menunggu informasi dari syahbandar Tanjung Buton kapan akan beroperasi kembali.

Sebab, saat ini masih proses perbaikan dermaga pelabuhan Tanjung Buton yang retak.

Aktivitas dipelabuhan penumpang Tanjungbalai Karimun, masih tetap normal. Foto: Tri Haryono/batampos.co.id

Sedangkan, kapal ferry yang ada di Karimun sendiri tidak ada masalah dan kapanpun dapat dioperasikan untuk melayani calon penumpang.

”Tinggal tunggu kesiapan pihak pelabuhan Tanjung Buton saja. Kita siap mengeluarkan izin berlayar, kapal-kapal fery tujuan Tanjung Buton,” ujarnya.

Sementara itu Ketua INSA kabupaten Karimun, Bustami Datuk Rajo Marah, mengatakan, bagi calon penumpang yang akan menyeberang tujuan Riau dan Sumatera bisa menggunakan kapal ferry jalur Dumai.

”Mudah-mudahan ada solusi dan cepat selesai pengerjaan perbaikan. Untuk sementara bisa melalui jalur Dumai,” tuturnya.

Meski kapal ferry tujuan Tanjung Buton tidak beroperasi, arus penumpang yang tujuan Riau dan Sumatera masih berjalan normal.

Sehingga, tidak menjadi kendala yang cukup berarti untuk transportasi umum melalui jalur laut.

”Untuk saat ini tidak ada kendala, kita sudah menginformasikan kepada agen-agen kapal, agar bisa menyampaikan kepada para calon penumpang yang berangkat tujuan Tanjung Buton,” ujarnya.

Pantauan di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun masih normal dan belum terjadi lonjakan penumpang khususnya tujuan Tanjung Buton.

Kapal ferry yang melayani rute Tanjungbalai Karimun ke Tanjung Buton yaitu kapal ferry Dumai Express, Batam Jet dan SB Kurnia Jaya yang mulai berangkat pukul 07.30 WIB tiap hari.(tri)