Jumat, 29 Maret 2024

Kepala Dinas Pendidikan: Tak Ada Lagi Guru di Batam Berijazah SMA

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam memastikan tidak ada lagi guru yang berijazah SMA yang mengajar di lingkungan Pemko Batam.

”Kalau yang baru tak ada lagi. Namun, kalau yang lama masih ada dan mereka tengah menyelesaikan pendidikannya sekarang,” kata Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, Selasa (26/11/2019).

Ia menjelaskan, untuk tenaga guru honorer yang ada saat ini, hampir 99 persen merupakan sarjana pendidikan.

Kecuali, pengajar yang di hinterland, memang masih ada yang SMA, tapi tengah dalam menyelesaikan pendidikan jenjang selanjutnya.

Peningkatan jenjang tenaga pengajar ini memang dibutuhkan seiring dengan kemajuan teknologi dan sistem pendidikan di Indonesia.

Menurutnya, kesiapan tenaga guru menjadi faktor kemajuan sektor pendidikan di Batam.

Suasana belajar mengajar di SMP Negeri 9 Kota Batam. Dinas Pendidikan Kota Batam menyatakan saat ini sudah tidak ada lagi guru berijazah SMA di Kota Batam. Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

”Semua ditingkatkan. Kurikulum hingga metode ajar. Apalagi, ada wacana perubahan kurikulum yang meminta penuntasan Bahasa Inggris di SD. Untuk ini, tentu guru harus siap,” terangnya.

Untuk menunjang itu semua, Pemko Batam juga mengusulkan peningkatan kesejahteraan tenaga guru, khususnya honorer.

Tahun depan, guru akan mendapatkan kenaikan gaji sesuai dengan ijazah pendidikannya.
Selain itu, guru juga mendapat gaji ke-13 sebagai bentuk penghargaan dan diharapkan bisa menjadi pemacu semangat dalam mengajar.

”Jadi bertahap, Pemko mencoba meningkatkan kesejahteraan guru. Mudah-mudahan ke depan ada lagi bentuk perhatian terhadap tenaga pengajar ini,” harapnya.

Berdasarkan data, saat ini terdapat sedikitnya dua ribu tenaga honorer guru yang ada di lingkungan Pemko Batam.

Jumlah ini bisa bertambah seiring pembangunan unit sekolah baru (USB) yang akan dibangun tahun depan.(yui)

Update