Sabtu, 20 April 2024

Pencari Kerja di Batam Minim Keahlian

Berita Terkait

batampos.co.id – Bursa kerja yang digelar Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersama Disnaker Provinsi Kepri, dan Apindo Kepri di MPH Batamindo, beberapa waktu lalu belum sesuai harapan para pengusaha maupun perusahaan yang ambil bagian.

Pasalnya, dari ribuan pencari kerja yang memasukkan lamaran, rata-rata belum memiliki skill yang dibutuhkan.

”Kebanyakan pencari kerja yang datang itu unskill. Sementara dari pencaker mengharapkan lowongan pekerjaan operator dan sejenisnya,” kata Ketua Apindo Kepri, Rafki Rasyid, saat dihubungi, Selasa (26/11/2019).

Apindo memfasilitasi dan menyediakan perusahaan saja.

”Sedangkan untuk data dan laporan semuanya ke Kemenaker,” sambungnya.

Rafki menyebutkan, dari Kemenaker telah membuka secara online, dimana yang mendaftar juga ada beberapa yang memiliki kompetensi.

Para pencari kerja mendengarkan penjelasan staf Tunas Karya saat bursa kerja di MPH Batamindo, Seibeduk, Jumat (22/11/2019) lalu. Bursa kerja sama Kemenaker bersama Disnaker Provinsi Kepri, dan Apindo Kepri belum sesuai harapan para pengusaha maupun perusahaan. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Namun, pencaker yang datang ke MPH Batamindo kebanyakan yang unskill.

”Padahal yang dibutuhkan itu tenaga kerja yang berkompetensi,” ujarnya lagi.

Menurutnya, hal ini bisa dilihat seperti perusahaan manufaktur yang membutuhkan tenaga operator dari terbatasnya jumlah lowongan yang buka tak sebanding dengan pencari kerja yang ada.

”Sering terjadi ketika perusahaan tersebut membuka lowongan dan yang dibutuhkan hanya 10 orang tetapi pencaker yang melamar bisa sampai ratusan,”sebutnya.

Realita pada pencari kerja di Batam kebanyakan unskill menjadi PR besar Disnaker Kota Batam agar pencari kerja bisa dibekali keahlian supaya bisa bersaing di dunia kerja.

”Bila nanti sudah terealisasi adanya Balai Latihan Kerja (BLK) di Batam diharapkan mampu melatih pencari kerja, sehingga apa yang dibutuhkan di dunia kerja itu bisa terpenuhi,”pungkasnya.(zis)

Update