Rabu, 17 April 2024

Pemko Batam Yakin Target Kunjungan Wisman Tercapai

Berita Terkait

batampos.co.id – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayan (Disparbud) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, kunjungan wisatawan ke Batam meningkat setiap tahunnya. Bahkan tahun ini, Batam sudah berada di urutan kedua terbanyak yang dikunjungi wisatawan setelah Pulau Dewata, Bali.

“Tahun ini pertama kali Batam (Kepri, red) berhasil menempati urutan kedua mengungguli DKI Jakarta. Ini pencapaian baru, biasanya kita selalu di urutan ketiga,” ujar Ardiwinata, Jumat (29/11) lalu.

Tercatat angka kunjungan wisman terus naik setiap bulan yaitu sekitar 4 sampai 6 persen. Dan menurut data yang dia terima, periode September saja sudah ada sekitar 1,5 juta wisman yang berkunjung ke Batam.

Turis belanja kudapan.
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Ia optimistis tahun ini kunjungan wiswan bisa menembus angka 2 juta. Bahkan, target yang diberikan Kementerian Pariwisata sebanyak 2,4 juta pengunjung bukan hal yang mustahil untuk tercapai.

“Kami tetap optimistis. Seperti biasa, di akhir tahun, angka kunjungan wisman meningkat, karena banyaknya agenda wisata, juga libur panjang,”ujarnya

Meskipun pencapaian ini sudah sangat baik, namun, Disparbud tetap akan menge-valuasi dan memperbaiki citra pariwisata di Batam. Salah satunya adalah memperbanyak dan meningkatkan kualitas wisata kuliner yang ada di Batam.

Banyak rancangan yang sudah kita pikirkan, termasuk pelebaran jalan agar wisman bisa menikmati pedestrian kita. Semua nanti tergantung pencapaian akhir tahun nanti,” pungkasnya. (zis)

Update