batampos.co.id – Warga Komunitas Perantau Asal Sikka (Kompas) Maumere Kota Batam menggelar misa triwulan kedua di Kapela Santo Yosafat, Kavling Saroja Dapur 12, Sagulung, Minggu (1/12/2019).

Ketua Kompas Maumere Kota Batam, Laurensius Lado, mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda per tiga bulanan warga Kompas Maumere di Kota Batam.

Kata dia, komunitas tersebut sebagai bentuk wadah solidaritas warga Sikka. Kata dia, selain misa triwulan, kegiatan ini juga diisi dengan sosialisasi dan pemaparan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batam dan Dinas Sosial kota Batam.

“Ada dua narasumber yang kita hadirkan, yakni dari BNN dan Dinas Sosial,” kata Laurensius.

Diakuinya, sosialisasi dan pemaparan tentang narkoba dan bahaya narkoba dianggap sangat penting.

Apalagi pengguna narkoba didominasi oleh kalangan generasi muda. Oleh sebab itulah lewat kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman pada warga Kompas Maumere tentang bahaya Narkoba.

“Khususnya antisipasi kepada anak-anak kita. Sehingga mereka menjadi paham dan menjauhi narkoba,” tuturnya.

Pengurus Kompas Maumere Kota Batam berfoto bersama. Foto; Rengga/batampos.co.id

Misa triwulan kedua warga Kompas dan sosialisasi dari BNN bersama Dinas Sosial tersebut dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Ratusan masyarakat Kompas berbondong-bondong hadir memadati lokasi acara. Usai kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama dan laporan triwulan kedua warga Kompas Maumere kota Batam.

Laurensius menambahkan, kedepan atau triwukan ketiga, pihaknya akan mengundang narasumber lainnya yakni kepolisian dan dinas sosial.

Hal ini dianggap penting untuk memberikan pemahaman kepada warga Kompas khususnya anak-anak muda tentang sosialiasi berkendara dengan baik dan benar.

“Lewat kegiatan ini kita juga sekaligus bersilaturahmi dengan warga Kompas kota Batam,” tambah Laurensius.

Saat ini lanjutnya, warga Maumere yang terdaftar di Kompas berjumlah 1.200 orang. Angka ini terus bertambah karena ada peningkatan di daerah Sagulung dari yang awalnya 230 kepala keluarga menjadi 278 kepala keluarga.

Pada Misa triwulan pertama warga Kompas tersebut, dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat Kompas.

Seperti Politisi Nasdem Horjani Hutagalung, Ketua Dewan Pembina Kompas Romo Manse, Wakil Ketua Pembina Yosef Hipolitus, Thomas Andreas, Petrus Kinyu da Silva, Thomas, bendahara Kompas Maria Fortunata Tekla, sekretaris Maria Trikora, dan Faustina Mawar Heret.

Lalu, Korwil Kompas Sidomuncul Albinus, Korwil Kompas Tanjunguncang Jaya Yustus Corinus, Korwil Cunting Thomas Kindo, Korwil Sagulung Hendrikus Eon, Korwil Kavling Lama Silvester Subardi, Korwil Dapur 12 Servasius Serwadus, Korwil Marina (kendal sari) Eduardus Endi, Korwil Simpang Barelang Gaspar Gewar.(rng)