Sabtu, 20 April 2024

Pak Wali Kota, Sampah Di Mana-mana

Berita Terkait

batampos.co.id – Warga Tanjunguncang kembali mengeluhkan maraknya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.

Sampah yang dibuang warga di pinggir jalan itu menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu masyarakat maupun pengendara yang melintas.

Nico warga Putra Jaya Residence mengatakan, TPS liar yang berada di dekat rumahnya pernah dibersihkan bahkan diberi plang kayu bertuliskan imbauan untuk tidak membuang sampah.

Namun belakangan ini, sampah kembali menggunung dan menganggu warga setempat.

”Entah siapa yang buang sampah di sini,” ucapnya.

Ia pun meminta dinas terkait untuk menindak warga yang sering buang sampah sembarangan.

”Di sini jadi kelihatan jorok dan kotor,” ucapnya.

Sampah yang berada di pinggir jalan. DLH Kota Batam mengaku kesulitan menemukan lahan untuk dijadikan TPS di wilayah Batuaji dan Sagulung. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Sementara Kepala Bidang Persampahan, DLH Batam, Faisal Novrieco tak menampik jika masih banyak TPS liar yang tersebar di Batam.

Ia sendiri mengakui kesulitan untuk menertibkan. Meskipun sudah dipasang tulisan dilarang buang sampah, masyarakat tetap saja membuang sampah sembarangan.

”Ini selalu terjadi, ketika kami tutup pasti muncul TPS liar yang baru,” katanya, kemarin.

Meski demikian, menurutnya sampah yang dibuang di pinggir jalan tetap diangkut setiap hari. Namun ia tak menampik jika lokasi yang tak terpantau memang banyak yang terlewat.

”Tapi kalau di jalan utama atau umum kami usahakan untuk membersihkannya,” jelasnya.

Sementara Kepala DLH Batam, Herman Rozie, mengaku TPS liar masih menjadi fokus pihaknya.

Beragam upaya seperti membuat puluhan spanduk larangan hingga sosialisasi ke masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

”Kita akui itu belum efektif. Spanduk saja, ada yang berhenti ada yang tidak. Bahkan ada yang pindah tempat saja,” ucapnya.(yui)

Update